IMPLEMENTASI MODEL EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN DI MI MODERN AL-AZHARY LESMANA KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

SUSANTI, SUSANTI (2020) IMPLEMENTASI MODEL EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN DI MI MODERN AL-AZHARY LESMANA KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SUSANTI_IMPLEMENTASI MODEL EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN DI MI MODERN AL-AZHARY LESMANA KECAMATA.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan perubahan kurikulum di dunia pendidikan yang lebih bermakna. Pembelajaran dengan pendekatan edutainment merupakan pembelajaran yang memadukan muatan pendidikan dan hiburan secara harmonis. Sehingga aktivitas pembelajaran akan berlangsung menyenangkan, siswa tidak mudah jenuh dan merasa bosan ketika di dalam kelas. Fokus dari penelitian ini tentang bagaimana desain pembelajaran berbasis edutainment, bentuk terapan metode pembelajaran berbasis edutainment dan efektifitas pembelajaran berbasis edutainment di MI Modern Al-Azhary Lesmana Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam implementasi model edutainment dalam pembelajaran di MI Modern Al-Azhary Lesmana Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Jenis Penelitan ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mendapatkan data yang dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya maka digunakan triangulasi teknik., triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Desain pembelajaran yang dilakukan meliputi desain pembelajaran dan desain ruang kelas. Desain pembelajaran dengan bercerita, menonton video, berkelompok dan presentasi, melakukan pembelajaran melalui game dan membuat proyek mini film hasil dari bermain peran siswa sendiri. Sedangkan desain ruang kelas lebih banyak menerapkan desain lingkungan dan pengaturan bangku. yakni dengan menggunakan formasi tradisional (konvensional), formasi meja pertemuan, dan formasi pengelompokan terpisah. Penerapan model edutainment yang dilakukan di MI Modern Al-Azhary Lesmana lebih mengarah ke bentuk active learning karena siswa turun berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Humanizing classroom karena siswa tidak hanya diajarkan materi, tetapi juga berbagai ibrah dan hikmah yang dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Accelerating learning yaitu pembelajaran yang dipercepat dimana dalam model ini menggunakan pendekatan belajar visual. Pembelajaran berbasis edutainment tergolong efektif, karena telah memenuhi beberapa indikator keefektifan pengajaran yakni kecermatan penguasaan perilaku, kecepatan unjuk kerja, kesesuaian dengan prosedur, kualitas hasil akhir dan tingkat retensi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Desain, Bentuk Terapan, Efektivitas, Pembelajaran, Edutainment
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 12 Mar 2020 04:09
Last Modified: 12 Mar 2020 05:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7183

Actions (login required)

View Item View Item