PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV MI NEGERI 2 BANYUMAS

Nila Prasiwi, 1423305162 (2020) PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV MI NEGERI 2 BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB IV_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

Pendidikan dan pembelajaran IPS adalah salah satu aspek yang sangat penting yang perlu diajarkan di sekolah. Namun nyatanya, salah satu permasalahan mengapa pendidikan IPS begitu sulit untuk di integrasikan, salah satunya dari peran guru itu sendiri. Dalam penyajian materi, guru lebih banyak berceramah panjang lebar sehingga pendidikan IPS dianggap kurang menarik oleh siswa. Akibatnya, pembelajaran ini relatif kecil berpengaruh juga pada peningkatan pemahaman siswa pada saat belajar serta berpengaruh pada hasil belajar. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan metode bernyanyi dalam pembelajaran. Dengan metode bernyanyi ini, siswa dapat menguatkan daya ingat materi yang dipelajari dengan lagu, karena melalui sesuatu yang menarik dan menyenangkan akan lebih mudah teringat dalam pikiran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bernyanyi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV MI Negeri 2 Banyumas. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan design one-group pretest-postest design. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan data N-Gain yang diperoleh. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode bernyanyi berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IV. Hal ini dapat dilihat dari hasil N-Gain yang diperoleh di kelas eksperimen sebesar 0,71 yang merupakan kategori sangat tinggi. Sementara di kelas kontrol sebesar 0,28 yang merupakan kategori rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bernyanyi, IPS, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 12 Mar 2020 01:55
Last Modified: 12 Mar 2020 01:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7181

Actions (login required)

View Item View Item