IMPLEMENTASI STRATEGI INDEX CARD MATCH DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH LOSARI KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA

Neniatun, 1522405107 (2020) IMPLEMENTASI STRATEGI INDEX CARD MATCH DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH LOSARI KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
NENIATUN _IMPLEMENTASI STRATEGI INDEX CARD MATCH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Strategi index card match merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dalam pelaksanaannya menggunakan kartu jawaban dan soal sebagai media dimana siswa meminta untuk mencocokan kartu dengan siswa yang lain, yang memiliki kartu dengan jawaban dan soal yang cocok dengan kartu yang dipegang oleh siswa tersebut. Strategi ini mengandung unsur permainan sehingga suasana belajar lebih menyenangkan dan siswa tidak merasa bosan. Tujuan dari strategi index card match adalah memberi kesempatan kepada siswa untuk lebih aktif, melatih keberanian siswa untuk trampil presentasi, membantu mempermudah siswa untuk mengingat dan memahami materi pembelajaran dengan baik. Strategi indexc card match dapat diterapkan untuk semua pelajaran dan tingkatan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikaqn bagaimana Implementasi Strategi Index Card Match dalam Pembelajara Tematik Kelas IV di MI Muhmmadiyyah Losari Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi strategi index card match dalam pembelajaran tematik kelas IV di MI Muhammadiyyah Losari dalam penerapannya berdampak pada meningkatnya nilai atau prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan siswa mampu memahami teori yang disampaikan guru, dan siswa tidak mudah lupa dengan materi yang sudah dberikan oleh guru. Siswa juga dapat mencocokan kartu dengan benar. Selain itu, siswa juga aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran. dalam penerapannya ada tiga tahap yang harus dilalui yaitu tahap perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Kata kunci: Strategi Index Card Match, Pembelajaran Tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Index Card Match, Pembelajaran Tematik.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 11 Mar 2020 03:31
Last Modified: 11 Mar 2020 03:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7174

Actions (login required)

View Item View Item