Rohmayanti, Lilis (2020) IMPLEMENTASI SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI) DI SMP MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA. Masters thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (692kB) | Preview |
|
|
Text
LILIS ROHMAYANTI_IMPLEMENTASI SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI) DI SMP MUHAMMADIYAH AL MUJAH.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Untuk dapat menyelenggarakan pendidikan yang bermutu, diperlukan upaya untuk membangun budaya mutu disekolah. Budaya mutu akan terbangun dengan cara mengimplementasikan penjaminan mutu pendidikan. Sistem penjaminan mutu pendidikan yang dikembangkan oleh pemerintah salah satunya adalah Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). SPMI adalah sistem penjaminan mutu yang berjalan didalam satuan pendidikan dan dijalankan oleh seluruh komponen yang didalamnya mencakup seluruh aspek penyelenggaraan pendidikan dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki. Maka SPMI penting untuk diimplementasikan oleh setiap satuan pendidikan. Oleh karena itu peneliti mengambil tema penelitian Implementasi SPMI di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunung Kidul Yogyakarta. Sesuai dengan tema penelitia ini, maka fokus penelitian ini adalah Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa bagaimana implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin. Data diperoleh melalui teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan teknik keajegan/ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaaan pada teman sejawat dan pengecekan anggota. Hasil penelitian ini adalah Implementasi SPMI di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin dapat dianalisa dalam 5 aspek sebagai berikut 1) Aspek Input, indikator dalam instrumen pemetaan mutu yang dikembangkan oleh sekolah belum sepenuhnya sesuai dengan indikator mutu 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP), 2) Aspek Proses, sasaran dalam rencana pemenuhan mutu belum sepenuhnya berprinsip agressive and attainable, 3) Aspek Output, sudah terpenuhinya sasaran terkait pemenuhan 8 SNP yaitu Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pembiayaan dan Standar Pengelolaan, 4) Aspek Outcome, terdapat peningkatan kualitas proses pembelajaran dan manajemen sekolah, 5) Aspek Impact, terdapat peningkatan mutu hasil belajar, terbangunnya budaya mutu di sekolah dan peningkatan mutu secara berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Sistem Penjaminan Mutu Inteputrnal (SPMI), SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunung Kidul |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | K Kristiarso |
Date Deposited: | 09 Mar 2020 03:24 |
Last Modified: | 09 Mar 2020 03:24 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7144 |
Actions (login required)
View Item |