IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 1 KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA

Baeni Nur Faroida, NIM. 1223301012 (2016) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 1 KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
BAENI NUR FAROIDA_IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM D.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (808kB) | Preview

Abstract

Pendekatan Saintifik adalah pendekatan dalam pembelajaran khas kurikulum 2013, yang meliputi lima langkah yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan. Latar belakang dari penelitian ini adalah karena pendekatan saintifik belum diterapkan disemua sekolah dan SMP Negeri 1 Karangmoncol telah menerapkan pendekatan saintifik kurikulum 2013, yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Karangmoncol. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses implementasi Pendekatan Saintifik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Karangmoncol. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan pada kondisi natural. Pengumpulan data dilakukan melalui proses wawancara, dokumentasi dan observasi, Subjek penelitian adalah guru kelas VII dan VIII yaitu Ibu Siti Muntohiroh, S.Ag dan Ibu Siti Syamsiyati, S.Ag. Objek yang dikaji adalah implementasi pendekatan saintifik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Karangmoncol Kabupaten Purbalingga. Sedangkan metode analisis data yang penulis gunakan melalui tiga tahap yaitu pertama adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Karangmoncol secara keseluruhan guru sudah sesuai dengan langkah-langkah pendekatan saintifik kurikulum 2013, yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi / mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Kata kunci : Pendekatan Saintifik, PAI dan Budi Pekerti, Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 10 Aug 2016 02:50
Last Modified: 10 Aug 2016 02:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/714

Actions (login required)

View Item View Item