NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI KIDUNGAN MASYARAKAT DESA KEDUNGBEDAN KEC. KEMANGKON KAB. PURBALINGGA

NUR ALI SUBHAN, . 1717662017 (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI KIDUNGAN MASYARAKAT DESA KEDUNGBEDAN KEC. KEMANGKON KAB. PURBALINGGA. Masters thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (601kB) | Preview
[img] Text
COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB IV_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tradisi memiliki sifat diwariskan dan mengakar dalam kehidupan masyarakat. Pentingnya menjaga tradisi terletak pada aspek nilai tradisi yang berdampak positif dalam kehidupan. Dalam perspektif pendidikan Islam, tradisi bernilai luhur apabila mengandung ajaran Agama Islam yang secara primer meliputi nilai ajaran akidah, ibadah dan akhlak. Tradisi kidungan masyarakat Desa Kedungbenda merupakan tradisi warisan Sunan Kalijaga yang telah mengalami proses akulturasi nilai-nilai ajaran Islam. Secara teoritis tradisi kidungan mengandung nilai ajaran Islam yaitu tradisi kidungan sebagai materi pendidikan Islam dan sebagai metode pendidikan Islam. Namun dalam kerangka pemikiran masyarakat modern, tradisi kidungan yang berbentuk ritual tidak mendapatkan perhatian serta mereka lebih memilih untuk meninggalkan. Menarik dikaji secara mendalam tentang nilai-nilai pendidikan Islam dalam tardisi kidungan. Hal tersebut menjadi dasar upaya mengakomodasi dan melestarikan tradisi kidungan serta upaya untuk mengembangkan pendidikan Islam. Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi Kidungan masyarakat desa Kedungbenda, implikasi nilai-nilai pendidikan Islam tradisi kidungan dalam kehidupan masyarakat desa Kedungbenda serta aktualisai nilai-nilai pendidikan Islam tradisi kidungan dalam proses pendidikan Islam. Teknik penelitian menggunakan penelitan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, intervew, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa nilai-nilai Islam dalam tradisi kidungan masyarakat desa Kedungbenda meliputi nilai akidah berupa Tauhid uluhiyah dan asma wa sifat, nilai ibadah berupa aktivitas dan fungsi tradisi kidungan sebagai doa, serta nilai akhlak terlihat dari tardisi kidungan sebagai wahana bersilaturahmi dan bersedekah. Impikasi nilai-nilai pendidikan Islam tradisi kidungan dalam kehidupan masyarakat desa Kedungbeda meliputi tardisi kidungan sebagai pemenuh kebutuhan spiritual, sebagai problem solving kehidupan, mengharmonisasikan kehidupan masyarakat, menumbuhkan nilai sosio-kultural, menumbuhkan kesalehan sosial dan bentuk kebudayaan luhur. Sedangkan Aktualisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi kidungan meliputi materi pendidikan tauhid berbasis lokal wisdom, materi pendidikan akhlak kesalehan sosial , model tradisionalisme edukasi keberagamaan, dan model edukasi keberagamaan holistik. Kata kunci:Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Tradisi Kidungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Tradisi Kidungan.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Mar 2020 00:57
Last Modified: 06 Mar 2020 00:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7121

Actions (login required)

View Item View Item