PEMBENTUKAN PERILAKU MENOLONG PADA SISWA MI MUHAMMADIYAH ADISANA BUMIAYU BREBES

Mahdiyatus Salami, 1717631002 (2020) PEMBENTUKAN PERILAKU MENOLONG PADA SISWA MI MUHAMMADIYAH ADISANA BUMIAYU BREBES. Masters thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (687kB) | Preview
[img] Text
MAHDIYATUS SALAMI_PEMBENTUKAN PERILAKU MENOLONG PADA SISWA MI MUHAMMADIYAH ADISANA BUMIAYU BREBES.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Menolong merupakan perilaku yang tidak mementingkan diri sendiri dan dimotivasi oleh keinginan untuk bermanfaat bagi orang lain. Sehingga dari penjelasanan tersebut, teori dasar perilaku menolong dapat masuk dalam konteks prososial. Dalam membentuk perilaku menolong, terdapat beberapa metode, yaitu : kebiasaan, pengertian dan model. Menurut Abdullah Nashih Ulwan, pembentukan perilaku dapat terbentuk dengan keteladanan, nasehat, hukuman dan kebiasaan. Sedangkan menurut Al-Qur’an dan Hadits dalam fase perkembangan anak terdapat fase thufulah awal, fase pra tamyiz dan fase thufulah akhir. Sehingga dalam mendidik anak menurut Rasulullah adalah dengan metode dialog Qurani dan Nabawi, metode kisah Al-Qur’an, metode keteladanan, metode praktek, metode ibrah dan mau’izzah dan metode targhih dan tarhib. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif yaitu mengumpulkan data secara langsung yang diambil dari lapangan dengan mendatangi lokasi yaitu MI Muhammadiyah Adisana Bumiayu Brebes. Penelitian ini bersifat deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan fenomena secara utuh yang terjadi dimasyarakat pada saat ini atau yang lampau sehinga tergambar karakter, ciri, sifat dan model dari fenomena tersebut. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pembentukan perilaku menolong pada siswa MI Muhammadiyah Adisana Bumiayu Brebes. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk :“Mendeskripsikan dan menganalisis pembentukan perilaku menolong pada siswadi MI Muhammadiyah Adisana Bumiayu Brebes”. Hasil penelitian siswa MI Muhammadiyah Adisana Bumiayu Brebes memiliki perilaku prososial yang tinggi, yang paling menonjol adalah perilaku menolong. Untuk membentuk perilaku menolong pada siswa MI Muhammadiyah Adisana Bumiayu Brebes adalah dengan melihat tingkat usia siswa sehingga ada sedikit pebedaan. Dan cara yang dilakukan dalam membentuk perilaku menolong pada siswa adalah dengan menjadi teladan yang baik untuk para siswa, memberikan pembiasaan dengan beberapa kegiatan untuk meningkatkan perilaku menolong siswa, dan memberikan nasehat ketika mereka tidak tau apa yang harus dilakukan, dan menasehati ketika siswa melakukan kesalahan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan, Perilaku Menolong
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 03 Mar 2020 01:43
Last Modified: 03 Mar 2020 01:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7086

Actions (login required)

View Item View Item