Umi Latifah, 1522405120 (2020) PENERAPAN METODE BERMAIN DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV MI MA’ARIF 02 SIDAURIP KECAMATAN GANDRUNGMANGU KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER, BAB I PENDAHULUAN, BAB V PENUTUP, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (979kB) | Preview |
|
Text
Umi Latifah_PENERAPAN METODE BERMAIN DALAM PEMBELAJARAN TEMA.pdf Restricted to Registered users only Download (975kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan para siswa yang kurang menyukai dengan Pembelajaran Tematik karena mereka menganggap pembelajaran tematik satu tema ada berbagai sub-sub dalam pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan. Sehingga menjadikan para siswa tertekan dan depresi ketika mereka dipaksa untuk belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut, guru sebagai salah satu yang berperan penting dalam proses pembelajaran berupaya dalam menciptakan metode atau cara baru dalam proses pembelajaran yaitu dengan metode bermain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode bermain dalam pembelajaran tematik di kelas IV. Dan mengetahui bagaimana langkah-langkah pada kegiatan pembelajaran tematik dengan menggunakan metode bermain, jenis dan bentuk-bentuk bermain. Penelitian ini dapat digolongkan sebagai penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah MI Ma’arif 02 Sidaurip Kecamatan Gandrungmanggu Kabupaten Cilacap. Denagan subjek penelitian meliputi kepala sekolah dan guru kelas. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi dalam pelaksanaan penelitian ini. Tekhnik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menujukan bahwa Penerapanmetode bermain dilakukan dengan menggunakan tiga tahap diantaranya pertama mempersiapkan bentuk permainan yang akan digunakan dalam pembelajaran, kedua prosedur pelaksanaan permainan, dan ketiga evaluasi hasil pembelajaran tematik dengan menggunakan metode bermain. Berbagai variasi metode bermain dalam pembelajaran tematik, seperti bermain sosial,bermain dengan menggunakan benda dan bermain jigsaw. Jenis dan klasifikasi dari permainan seperti kretivitas terhadap objek, permainan drama, gerakan kreatif. Di harapkan bahwa hasil daripenelitian ini dapat dijadikan sebagai pedoman bagi pendidikdalam melakukan pembelajaran dengan cara yang lebih kreatif dan menyenangkan sehingga siswa merasa senang dan tidak merasa tertekan. Kata kunci: Metode Bermain, Pembelajaran Tematik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Bermain, Pembelajaran Tematik |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 28 Feb 2020 09:29 |
Last Modified: | 28 Feb 2020 09:29 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7070 |
Actions (login required)
View Item |