NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TRADISI TA’DZIM TERHADAP KYAI DI PESANTREN MAHASISWA AN NAJAH PURWOKERTO

Yustahar, Fahim (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TRADISI TA’DZIM TERHADAP KYAI DI PESANTREN MAHASISWA AN NAJAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL FAHIM.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang bertujuan untuk mempersiapkan santri untuk menjadi seorang yang ‘alim dan ‘amil ilmu agama, berakhlak mulia dan selalu bertaqwa kepada Allah SWT. Salah satu metode pendidikan yang diterapkan oleh pesantren ialah dengan menumbuhkan tradisi ta’dzim terhadap kyai. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang nilai-nilai pendidikan karakter dalam tradisi ta’dzim di Pesantren Mahasiswa An Najah Purwokerto Kabupaten Banyumas. Untuk menjawab permasalahan penelitian tersebut digunakan jenis penelitian lapangan (field research), adapun proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan subjek penelitiannya yaitu pengasuh, pengurus, santri, serta subjek lain yang terkait. Data tersebut dianalisis menggunakan tiga jalur kerja yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: perilaku ta’dzim yang ada di Pesantren Mahasiswa An Najah Purwokerto ialah duduk di hadapan guru dengan sopan, tidak bertanya apabila kyai sedang lelah atau sibuk, tidak mendahului kyai ketika berjalan, mencatat perkataan kyai, selalu menjaga nama baik kyai dan keluarganya, dan menjalankan tugas-tugas dari kyai. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam tradisi ta’dzim terhadap kyai di Pesantren Mahasiswa An Najah Purwokerto Kabupaten Banyumas yaitu nilai religius.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai, Pendidikan karakter, Ta’dzim, dan Pesantren
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 28 Feb 2020 08:39
Last Modified: 28 Feb 2020 08:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7069

Actions (login required)

View Item View Item