PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IX SMP NEGERI 1 BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS

Fasyikhah, Eka Qorina (2020) PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IX SMP NEGERI 1 BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
EKA QORINA FASYIKHAH_PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Penilaian autentik merupakan penilaian yang mencakup semua aspek, yaitu pengetahuan, sikap dan keterampilan dikehidupan nyata peserta didik dalam ruang lingkup pembelajaran.Penilaian ini kegiatannya berupa proses pengumpulan berbagai data yang perlu diketahui oleh guru untuk menilai pembelajaran dan pencapaian hasil belajar peserta didik. SMP Negeri 1 Baturraden merupakan salah satu sekolah piloting yang telah menerapkan penilaian autentik pada pembelajaran disetiap jenjang kelasnya, dengan dilakukannya penelitian di SMP Negeri 1 Baturraden ini diharapkan dapat diketahui bagaimana proses pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 mata pelajaran PAI yang dilaksanakan di kelas IX sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis suatu peristiwa serta jenis penelitian lapangan dimana penelitian mengungkapkan fakta yang ada dilapangan dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan waktu penelitian sejak tanggal 28 Mei 2019sampai 2 agustus 2019 kemudian diperpanjang pada tanggal 23 agustus sampai dengan tanggal 23 September 2019.Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari Kepala Sekolah, peserta didik dan guru Pendidikan Agama Islam kelas IX di SMP Negeri 1 Baturraden.Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakananalisis data menurut pendapat Milles dan Hubberman dengan langkah berupa reduksi data (Data Reduction), penyajian data (Data Display) dan kesimpulan dan verifikasi (Conclusion Drawing/Verifivation) untuk memperoleh hasil dari penelitian berupa deskripsi penerapan penilaian autentik kurikulum 2013 mata pelajaran PAI kelas IX SMP Negeri 1 Baturraden. Hasil dari penelitian Penerapan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IX SMP Negeri 1 Baturraden Kabupaten Banyumas adalah sekolah ini telah menerapkan penilaian autentik secara optimal sesuai dengan langkah-langkah penilaian autentik menurut Sunarti dan Selly Rahmawati. Dengan penilaian pada tiga aspek yaitu aspek sikap dengan teknik penilaian individu dan teknik penilaian antar teman, aspek pengetahuan dengan teknik penilaian tertulis berupa soal essai, dan aspek keterampilan dengan teknik penilaian unjuk kerja, teknik penilaian praktik serta teknik penilaian produk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, Penilaian Autentik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 28 Feb 2020 07:35
Last Modified: 28 Feb 2020 07:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7065

Actions (login required)

View Item View Item