PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII DI MTs MA’ARIF NU 01 KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN

Sofiyatun, Siti (2020) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII DI MTs MA’ARIF NU 01 KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
BAB 1 DAN BAB 5.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi sofiatun.pdf

Download (8MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab merupakan kegiatan dalam proses belajar mengajar antara guru dan siswa siswi berdasarkan dengan kurikulum yang berlaku agar siswa siswi mampu menguasai dan berbahasa Arab dengan baik dan benar. Melihat pada masa sekarang banyak siswa siswi yang masih kurang meminati pembelajaran Bahasa Arab, dan kurangnya kreatifitas guru dalam mengajar bahasa Arab sehingga membuat siswa siswi merasa bosan dan pembelajaran menjadi kurang menarik. Oleh sebab itu penulis tertarik untuk meneliti tentang bagaimana Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VII Di MTs Ma’arif NU 01 Kedungbanteng Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di MTs Ma’arif NU 01 Kedungbanteng Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2018/2019 Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Penelitian ini menggambarkan keadaan yang sebenarnya dalam proses pembelajaran bahasa Arab di Kelas VII MTs Ma’arif NU 01 Kedungbanteng Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang penulis gunakan untuk memperoleh data-data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah itu, data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan. Metode ini digunakan sebagai acuan penulisan hasil penelitian dan mempermudah dalam memahami deskripsi yang disajikan sebagai hasil akhir dari penelitian sehingga dapat memberikan pemahaman yang semestinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di kelas VII MTs Ma’arif NU 01 Kedungbanteng Kabupaten Banyumas dilakukan tiga jam pelajaran dalam seminggu. Kurikulum yang digunakan di MTs Ma’arif NU 1 Kedungbanteng yaitu kurikulum 2013 yang mencakup tiga kegiatan dalam proses pembelajaran bahasa Arab, yang pertama yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan yang terakhir yaitu kegiatan penutup, yang mana menggunakan metode ceramah, tarjamah, muthola’ah, muhadasah, insya’, dan qawa’id, serta metode drill.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 27 Feb 2020 08:23
Last Modified: 27 Feb 2020 08:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7047

Actions (login required)

View Item View Item