PEMBELAJARAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PANTI ASUHAN IYADATUL KHOIRI SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS

Fadlilah, Lilik Tanwirotul (2020) PEMBELAJARAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PANTI ASUHAN IYADATUL KHOIRI SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER BAB I BAB V DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PEMBELAJARAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PANTI ASUHAN ZIYADATUL K.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Al-Qur’an merupakan sumber serta dalil bagi hukum Islam, ahli ilmu kalam, ahli ilmu pengetahuan dan bukan hanya sekedar kitab yang berbahasa Arab dan membacanya bernilai ibadah, namun di dalamnya juga mengandung nilai ilmiah dan menjadi pedoman hidup bagi pengembangan akal budaya manusia khususnya umat Islam. Untuk mudah dan cepat menghafal Al-Qur’an, seorang penghafal Al-Qur’an harus mampu memenuhi semua syarat-syarat dalam menghafal Al-Qur’an. Bukan hanya itu, penghafal Al-Qur’an juga harus menggunakan metode yang tepat untuk menghafal Al-Qur’an, rajin dalam mendereskan Al-Qur’an kepada guru tahfidz,dan teliti dalam memanfaatkan waktu luang untuk terus menghafal Al-Qur’an. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran menghafal Al-Qur’an di panti asuhan ziyadatul khoiri sokaraja kabupaten banyumas, serta bagaimana metode-metode yang digunakan dalam menghafal, bentuk evaluasi yang dilakukan setelah menghafal Al-Qur’an, dan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan daya hafalan para santri di Panti Asuhan Ziyadatul Khoiri Sokaraja kabupaten banyumas. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, data yang dikumpulkan berasal dariwawancara, catatan lapangan, dokumentasi pribadi, catatan memo dan dokumen resmi lainnya.Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara, dengan mewawancarai parapenghafal Al-Qur’an di Panti Asuhan Ziyadatul Khoiri Sokaraja kabupaten Banyumas. .Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi data, dengan membandingkan hasil wawancara terhadap objek penelitian dan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumen untuk mengecek kebenaran dan memperkaya data tentang hasil penelitian. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: pembelajaran menghafal Al-Qur’an dilaksanakan melalui 3 fase yaitu: (1) persiapan pengajaran yang berupa menyiapkan sarana dan prasarana, mengkondisikan siswa dan muroja’ah secara bersama-sama. (2) kegiatan proses pembelajaran dengan menggunakan 3 langkah yaitu: pertama apersepsi dengan muroja’ah yaitu ustadz bersama santri mengulang bersama hafalan lalu. Kedua talaqi materi hafalan baru yaitu guru memberikan hafalan baru dengan cara memberikan contoh membacanya dengan menggunakan nada Dzikroni, kemudian siswa menirukan secara bersama-sama. Ketiga kegiatan akhir dengan setoran hafalan baru yaitu setelah siswa belajar menghafal dengan bimbingan ustadz, kemudian santri menyetorkan hafalan kepada ustadznya. (3) kegiatan evaluasi, ada 4 macam yaitu evaluasi mingguan, evaluasi bulanan, evaluasi pertengahan semester atau tri wulan, evaluasi semester. Adapun upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an ada 3 yaitu membetulkan bacaan anak didiknya ketika menyetorkan hafalan, dan guru memberikan contoh ketika hafalan anak didiknya serta guru menghimbau santri untuk terus mengulang hafalan Al-Qur’an. Faktor pendukung dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an di panti asuhan ziyadatul khoiri sokaraja kabupaten Banyumas adalah tempat, materi pendukung, dan rutinitas jadwal pembelajaran menghafal Al-Qur’an. Sedangkan faktor penghambatnya adalah waktu jam makan, individu santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Menghafal Al-Qur’an.
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 27 Feb 2020 04:15
Last Modified: 27 Feb 2020 04:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7039

Actions (login required)

View Item View Item