BIMBINGAN PERILAKU PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI RUMAH SINGGAH IBNU KHOLDUN MAJENANG CILACAP

Bayinah, Rizki Iriani (2020) BIMBINGAN PERILAKU PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI RUMAH SINGGAH IBNU KHOLDUN MAJENANG CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB IV_BAB V DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (350kB) | Preview

Abstract

Anak berkebutuhan khusus ialah anak yang memiliki ketidaknormalan baik dari segi fisik maupun psikis. Ketidaknormalan ini yang kemudian membuat anak berkebutuhan khusus membutuhkan bimbingan individu terkait sikap dan perilaku dalam kesehariannya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana bimbingan perilaku pada anak berkebutuhan di Rumah Singgah Ibnu Kholdun Majenang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif. Adapun metodenya ialah deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bimbingan perilaku pada anak berkebutuhan khusus di Rumah Singgah Ibnu Kholdun Majenang dilakukan secara terstruktur dengan adanya jadwal kegiatan harian. Adapun kegiatan yang dilakukan ialah bimbingan ibadah (cara berwudhu dan sholat berjamaah), bimbingan adab makan dan minum, kemudian bimbingan sikap keseharian yakni adab berpakain dan menghormati orang tua. Hal yang kemudian dilakukan guru pembimbing yakni dengan cara modelling dan pembiasaan. Meskipun berangkat dari latar belakang guru pembimbing yang bukan pendidikan SLB namun bimbingan ini dinilai berhasil oleh orang tua ABK. Keberhasilan ini dilihat dari adanya perubahan perilaku dari yang semula tidak beraturan, kurang beradab dan beretika, kini perilaku ABK lebih sopan santun. Dalam kesehariannya, ABK mampu makan minum dan berpakaian sesuai ajaran agama Islam, meskipun tidak secara keseluruhan. Keberhasilan ini tak lepas dari adanya hambatan yang dirasakan oleh guru pembimbing. Adapun hambatan yang terjadi yakni 1) Kurangnya pengetahuan yang mumpuni terkait pendidikan ABK pada guru pembimbing 2) Kurangnya sarana dan prasarana penunjang kegiatan bimbingan 3) Kurangnya kerjasama dari orangtua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: rumah singgah, difabel, bimbingan perilaku, layanan difabel
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology > 158.3 Counseling and Interviewing
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services > 362.4 Service of People with Physical Disabilities
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 26 Feb 2020 00:56
Last Modified: 26 Feb 2020 00:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7025

Actions (login required)

View Item View Item