STRATEGI KOMUNIKASI RELAWAN MTs PAKIS DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DI DUSUN PESAWAHAN DESA UNUNGLURAH KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

Nurkholis, Fendri Slamet (2020) STRATEGI KOMUNIKASI RELAWAN MTs PAKIS DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DI DUSUN PESAWAHAN DESA UNUNGLURAH KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FENDRI SLAMET NURKHOLIS_STRATEGI KOMUNIKASI RELAWAN MTs PAKIS.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

MTs Pakis merupakan sekolahan formal tingkat menengah pertama yang didirikan di Dusun Pesawahan oleh para relawan. Dalam berkomunikasi dengan masyarakat sekitar, relawan MTs Pakis memiliki strategi komunikasi yang jitu dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pinggiran yang memang masih sangat tertutup dan acuh terhadap kondisi permasalahan yang mereka hadapi. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih dalam strategi komunikasi yang digunakan oleh relawan MTs Pakis dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di Dusun Pesawahan. Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan teori strategi komunikasi yang dikemukakan oleh Harold D. Lasswell untuk menerangkan kegiatan komunikasi dengan menjawab pertanyaan “who, says what, which channel, to whom, with what effect. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitian lapangan (field research). Dalam menganalisis data, peneliti melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh relawan MTs Pakis dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat Dusun Pesawahan dengan memperhatikan komponen-komponen yang merupakan jawaban terhadap pertanyaan dalam rumus Lasswell tersebut yaitu: (1) Komunikator yang dipilih adalah relawan MTs Pakis ataupun memilih seseorang atau kelompok yang memiliki kredibilitas tinggi seperti tokoh masyarakat ataupun pejabat. (2) Pesan yang disampaikan adalah himbauan untuk meningkatkan partisipasi belajar dalam arti luas. (3) Media yang digunakan meliputi media cetak, elektronik dan media sosial. (4) Dalam pemilihan komunikan dengan cara memetakan dan mengidentifikasi target sasaran komunikasi sesuai dengan kapasitas dan kebutuhan yang diperlukan oleh setiap individu maupun kelompok. (5) Efek yang diharapkan adalah tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran dan pemberdayaan guna memperbaiki keadaan pendidikan, sosial dan ekonomi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi komunikasi, relawan MTs Pakis, partisipasi masyarakat
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 25 Feb 2020 09:05
Last Modified: 25 Feb 2020 09:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7022

Actions (login required)

View Item View Item