Bakhron Sodik, 1717632001 (2020) GERAKAN LITERASI SEKOLAH UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KRANDEGAN BANJARNEGARA. Masters thesis, IAIN.
|
Text
COVER BAB I BAB V DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (544kB) | Preview |
|
Text
GERAKAN LITERASI SEKOLAH UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SIS.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan tekhnologi yang sangat pesat diera globalisasi ini dimana penguasaan tekhnologi semakin canggih memberikan dampak positif dan negatif bagi kehidupan sosial dimasyarakat Dampak negatif yang muncul salh satunya loncatan budaya dari membaca dengan menonton televisi, kecanduan game dan gadget. Pemerintah tidak tinggal diam dalam menyikapi berbagai masalah yang ada terutama menyangkut pendidikan. Pada tahun 2015 pemerintah melalui melaui Menteri Pendidikan dan kebudayaan meluncurkan program Gerakan Literasi Sekolah. Gerakan Literasi Sekolah dikembangkan berdasarkan Permendikbud Nomor 21 Tahun 2015 tentang penumbuhan Budi Pekerti. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami pelaksanaan program gerakan literasi sekolah untuk mengembangkan kreativitas siswa di Sekolah Dasar Negeri 1 Krandegan Banjarnegara. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di Sekolah Dasar Negeri 1 Krandegan Banjarnegara. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru, Pustakawan dan Peserta Didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan gerakan literasi melalui penetapan program kegiatan, organizing (pengorganisasian), actuating (pengarahan) dan controlling . (2) strategi yang diterapkan dengan membaca 15 menit sebelum pembelajaran, pojok baca, program literasi terintegrasi dengan kurikulum 2013, menuliskan intisari bacaan atau sinopsis, berdiskusi dan presentasi, program bahan pustaka, ayo gemar membaca, duta baca, layanan lambat baca, layanan baca untuk orang tua, majalah dinding (3) jenis-jenis literasi yang ada meliputi, literasi sains, literasi perpustakaan dan literasi teknologi. Gerakan literasi sekolah mengembangakn kreativitas siswa, hal ini terbukti semakin banyak siswa menunjukkan kegemaran terhadap karya tulis, jumlah kunjungan ke perpustakaan semakin meningkat, mampu menciptakan lingkungan yang literat yakni membiasakan gemar membaca, memudahkan guru saat meminta siswa mengerjakan tugas seperti membaca berbagai macam teks dan mencari referensi , mampu menarik rasa ingin tahu serta menyegarkan pikiran siswa serta wawasan dan pengetahuan siswa menjadi bertambah luas. Kata Kunci : Gerakan Literasi, Krativitas SCHOOL LITERATION TO DEVELOP STUDENT
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gerakan Literasi, Krativitas SCHOOL LITERATION TO DEVELOP STUDENT |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 20 Feb 2020 04:57 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 04:58 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6982 |
Actions (login required)
View Item |