RAMELAN, 1717651012 (2020) MANAJEMENSTRATEGIK PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN DI PONDOK PESANTREN IBNU TAIMIYYAH SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS RAMELAN. Masters thesis, IAIN.
|
Text
COVER_BAB I BAB V DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
MANAJEMEN STRATEGIK PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN DI PONDOK .pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Manajemen strategik dalam dunia pendidikan merupakan sesuatu yang relatif baru. Hal ini dikarenakan keberhasilan suatu lembaga menerapkan manajemen strategik untuk mencapai tujuan. Pondok Pesantren Ibnu Taimiyyah Sumpiuh merupakan lembaga pendidikan Islam yang mempunyai orientasi pendidikan masa depan. Lembaga tersebut memiliki beberapa program pendidikan kesetaraan yang unggulan dengan santriyang sarat akan prestasi baik dari segi akademik atau non-akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi manajemen strategik program pendidikan kesetaraan di Pondok Pesantren Ibnu Taimiyyah, mulai dari proses analisis lingkungan, perumusan formulasi strategik, implementasi strategik beserta evaluasi dan pengawasan strategik pada program pendidikan kesetaraan di Pondok Pesantren Ibnu Taimiyyah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambillatar di Pondok Pesantren Ibnu Taimiyyah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Analisis lingkungan yang dilakukan dalam peningkatan mutu lulusanadalah analisis SWOT yang menghasilkanprogram sesuai dengan kebutuhan lembaga pendidikan.Kedua, Formulasi strategik, dilakukan dengan menyusun visi, misi dan tujuan program yang dibuat oleh tim perumusan rencana kerja program pendidikan kesetaraanpondok pesantren. Formulasi strategikPondok Pesantren Ibnu Taimiyyah dengan menyelenggarakan dua sistem program pendidikan, yaitu pendidikan mandiri dan pendidikan yang bekerjasama dengan pemerintah, yaitu program pendidikan kesetaraan mulai dari tingkat ula, wushto dan ulya. Ketiga, Implementasi strategikprogram pendidikan kesetaraan pondok pesantren, yaitu (a) Meningkatkan mutu guru/staffdan karyawan; (b) Adanya program pembinaan siswa, melalui ekstrakurikuler, home-visit, dan sebagainya; (c) Layanan pendidikan yang meliputi integrasi kurikulum pemerintah dan kurikulum sekolah, sarana dan prasarana pembelajaran. Keempat, Evaluasi dan pengawasan strategik dalam peningkatan mutu lulusan ada dua macam, yaitu supervisi perorangan yang dilakukan oleh pengasuh, kepala program, ustadz senior, dan penilik. Sedangkan supervisi kelompok dengan mengadakan rapat koordinasi dengan ustadz satu rumpun mata pelajaran; rapat koordinasi mingguan dan bulanan; dan kelompok kerja ustadz program pendidikan kesetaraan Kabupaten Banyumas. Kata Kunci: Manajemen Strategik, AnalisisLingkungan, Formulasi, Implementasi, Evaluasi, Program Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Strategik, AnalisisLingkungan, Formulasi, Implementasi, Evaluasi, Program Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren |
Divisions: | Pascasarjana > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 20 Feb 2020 02:31 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 02:31 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6977 |
Actions (login required)
View Item |