METODE KELUARGA IMAM HARYANTO DALAM MENINGKATKAN KESADARAN DIRI DAN PEMBIASAAN DIRI ANAK MENGAJI DI TPQ NURUS SYIFA DESA PISANG BALI KECAMATAN KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA

Sidik Pramono, 1617101071 (2020) METODE KELUARGA IMAM HARYANTO DALAM MENINGKATKAN KESADARAN DIRI DAN PEMBIASAAN DIRI ANAK MENGAJI DI TPQ NURUS SYIFA DESA PISANG BALI KECAMATAN KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (879kB) | Preview
[img] Text
SIDIK PRAMONO_METODE KELUARGA IMAM HARYANTO DALAM MENINGKATKAN KESADARAN DIRI DAN PEMBIASAAN DIRI ANAK .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan metode dalam meningkatkan kesadaran diri dan pembiasaan diri anak dalam mengaji untuk menambah wawasan para keluarga di Indonesia yang sadar akan pentingnya mengaji. Adapun yang melatarbelakangi penulisan ini karena kecenderungan masyarakat dalam mendidik anak terutama dalam hal mengaji masih kurang, dibuktikan sampel dari salah satu desa yaitu Desa Talagening yang memiliki 1 TPQ, tetapi sangat berbeda dengan Desa Pisang Bali Kutabawa, dibuktikan dengan berdirinya 8 TPQ, 6 Madin, dan 3 Majelis Ta’lim remaja dewasa, oleh karena itu peneliti mengambil sampel salah satu keluarga di Desa Pisang Bali tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut maka muncul pokok masalah tentang bagaimana metode keluarga dalam meningkatkan kesadaran diri dan pembiasaan diri anak mengaji, serta faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kesadaran diri dan pembiasaan diri anak mengaji Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan memberikan gambaran mendetail dari keseluruhan permasalahan yang ingin di gali dan termasuk dalam penelitian deskriptif karena bersifat menggambarkan tentang bagaimana metode, faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kesadaran diri dan pembiasaan anak mengaji. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Bapak Imam dan ibu Erni. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Dari sembilan metode kesadaran diri, hanya empat yang dilakukan Bapak Imam yaitu metode Keteladanan, Muhasabah, Menasihati, dan Penghargaan atas berbuat baik. Lalu dari metode pembiasaan menghasilkan empat metode yaitu, dengan mendoakan anaknya, mendukung dan menasihati, memberikan penghargaan terhadap anaknya, dan menjaga lisan anaknya. Pada faktor pendukung yaitu pada diri anak sendiri, orang tua, lingkungan sekitar serta saran dan pra sarana. Dan faktor penghambatnya yaitu kesadaran anak, rasa malas, marah, keluarga, dan tekhnologi atau gadget. Kata Kunci : Metode, Kesadaran dan Pembiasaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode, Kesadaran dan Pembiasaan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.19 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 14 Feb 2020 02:43
Last Modified: 14 Feb 2020 02:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6938

Actions (login required)

View Item View Item