PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BAHASA ARAB TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN 1 BANYUMAS

MAILATUL AFIYAH, 1522403067 (2020) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BAHASA ARAB TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN 1 BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text
MAILATUL AFIYAH_PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BAHASA ARAB TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kompetensi profesional merupakan kompetensi yang harus dikuasai guru dalam kaitannya dengan pelaksanaan tugas utamanya mengajar. Guru yang menguasai materi pelajaran secara luas dan mendalam dapat menyampaikan materi pelajaran dengan baik dan lancar, dan menumbuhkan semangat dikalangan siswa. Penguasaan materi serta pemahaman terhadap penyampainan materi yang dimiliki guru bahasa Arab dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa dalam belajar bahasa Arab. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah distribusi frekuensi kategori kompetensi profesional guru bahasa Arab dan moivasi belajar bahasa Arab siswa kelas XI MAN 1 Banyumas? Apakah terdapat pengaruh kompetensi profesional guru bahasa Arab terhadap motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas XI MAN 1 Banyumas? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MAN 1 Banyumas dengan jumlah 81 siswa. Pengumpulan data diperoleh dari pengisian angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru bahasa Arab berada pada kategori cukup dengan rata-rata skor 44,30 atau dengan jumlah responden 25 siswa (30,86%). Kemudian untuk motivasi belajar bahasa Arab siswa berada pada kategori cukup dengan rata-rata skor 59,46 atau dengan jumlah responden 36 siswa (44,44%). Dari pengujian analisis regresi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kompetensi profesional guru bahasa Arab terhadap motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas XI MAN 1 Banyumas, dengan koefisien determinasi atau R Squer sebesar 0,367, sehingga besar pengaruhnya adalah 36,7%. Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Motivasi Belajar, Mata Pelajaran Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional, Motivasi Belajar, Mata Pelajaran Bahasa Arab
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3308 Peserta Didik
300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 10 Feb 2020 07:58
Last Modified: 10 Feb 2020 07:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6911

Actions (login required)

View Item View Item