YULINDA WIHARNI, 1522401045 (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA DI SD NU MASTER SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (364kB) | Preview |
|
Text
YULINDA WIHARNI_IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER BAG.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Implementasi program pendidikan karakter adalah suatu program ataukegiatan sekolah yang pelaksanaanya dari sebuah rencana yang sudah disusun secara matang dan terperinci. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskripstif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program pendidikan karakter di SD NU Master Sokaraja Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2019/2020. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah. Dalam memperoleh informasi dan data-data yang diperlukan dalam penelitian ini, penulis menggunakan beberapa metode yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan dalam teknik analisis data, penulis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, implementasi program pendidikan karakter di SD NU Master Sokaraja Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2019/2020 dilaksanakan di dalam kegiatan pembelajaran dan di luar kegiatan pembelajaran. Implementasi program pendidikan karakter di dalam kegiatan pembelajaran dilaksanakan melalui kegiatan apel pagi, menyanyikan lagu Indonesia Raya, pendidikan olahraga, pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, dan menyanyikan lagu nasional serta lagu daerah. Sedangkan implementasi program pendidikan karakter di luar kegiatan pembelajaran dilaksanakan melalui kegiatan upacara bendera, ekstrkurikuler pramuka, peringatan hari besar nasional, memakai pakaian adat, penanaman akhlakul karimah, dan Dalam pelaksanaanya, implementasi program pendidikan karakter di SD NU Master Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2019/2020 telah berjalan dengan baik, walaupun terkadang ada sedikit kendala dalam pelaksanaanya dikarenakan implementasi program pendidikan karakter ini tidak hanya terbatas di sekolah saja melainkan harus tetap melibatkan pihak keluarga dan masyarakat. Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Karakter
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pendidikan Karakter |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 31 Jan 2020 06:50 |
Last Modified: | 31 Jan 2020 06:50 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6885 |
Actions (login required)
View Item |