Metode Pembelajaran Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits di MI Ma'arif NU Pasunggingan Pengadegan Purbalingga Tahun Pelajaran 2012/2013

Laili Mei Nurhidayati, 082331080 (2012) Metode Pembelajaran Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits di MI Ma'arif NU Pasunggingan Pengadegan Purbalingga Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (651kB) | Preview
[img] Text
LAILI MEI NURHIDAYATI_Metode Pembelajaran Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits di MI Ma'arif NU Pasunggingan Pengadegan Purbalingga Tahun Pelajaran 20122013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB)

Abstract

Metode pembelajaran adalah cara-cara/ teknik penyajian bahan pelajaran yang akan digunakan oleh guru pada saat menyajikan bahan pelajaran baik secara individual atau kelompok. Metode berfungsi sebagai salah satu jembatan atau media transformasi pelajaran terhadap tujuan yang ingin dicapai. Mata pelajaran Al-Qur’an Hadits adalah adalah bagian dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Ibidaiyah yang dimaksudkan untuk memberikan motivasi, bimbingan, pemahaman, kemampuan dasar dan menghayati isi yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Hadits yang diharapkan dapat diwujudkan dalam perilaku memancarkan Iman dan Taqwa kepada Allah Swt sesuai dengan ketentuan Al-Qur’an dan Hadits. Penggunaan metode pembelajaran pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yang dilakukan oleh guru merupakan cara-cara yang digunakan oleh guru dalam memberikan materi kepada siswa agar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai dengan melihat Kompetensi Dasar, Indikator, fasilitas, dan keadaan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode yang digunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU Pasunggingan tahun pelajaran 2012-2013. Jenispenelitianiniadalahpenelitianlapangan yang bersifatdeskriptifkualitatif.Metodepenggumpulan data yang digunakanadalahwawancara, observasi, dandokumentasi.Sedangkanmetode yang digunakanuntukmenganalisis data adalahmetodeanalisis data kualitatif. Hasilpenelitian yang dilakukanpenulisadalah: 1. Metodepembelajaran yang digunakandalampembelajaran Al-Qur’an Haditsadalahmetodeceramah, metodetanyajawab, metodelatihan (drill), metodehafalan, metodetugasbelajardanresitasi, metodedemonstrasi, metodeketeladanan, metodekisah, danmetodeimla’ (dikte). 2. Implementasi dari metode pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU Pasunggingan sudah sesuai dengan prinsip-prinsip penggunaan metode pembelajaran Al-Qur’an Hadits dan disesuaikan dengan materi pelajaran, Kompetensi Dasar dan Indikator yang hendak dicapai, dan kondisi siswa pada saatmengikutipelajaran. Kata Kunci: Metode Pembelajaran dan Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 08 Aug 2016 05:31
Last Modified: 08 Aug 2016 05:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/684

Actions (login required)

View Item View Item