STRATEGI QIRA’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AL-AZHARY AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Kunti, Fatimatuz Zahro (2019) STRATEGI QIRA’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AL-AZHARY AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
STRATEGI QIRA’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI PEM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah di kelas Mubtadi’ Awwal Pondok Pesantren Al-Azhary Ajibarang Kabupaten Banyumas terdapat santri yang bervariasi diantaranya santri belum lancar membaca dan belum bisa membaca tulisan Arab, santri juga merasakan bahasa Arab adalah bahasa yang sulit sehingga motivasi untuk mempelajarinya sangat rendah, santri juga merasa susah membaca kitab kuning yang tidak berharakat. Oleh karena itu, dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab, ustaz harus memperhatikan kemampuan masing-masing santri dan menerapkan strategi pembelajaran yang tepat supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai. Rumusan masalah yang dalam penelitian ini adalah “ Bagaimana Penerapan Strategi Qira’ah Dalam Pembelajarn Bahasa Arab Melalui Kitab Kuning di Pondok Pesantren Modern Al-Azhary Ajibarang Kabupaten Banyumas?”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran qira>’ah di Pondok Pesantren Modern Al-Azhary Ajibarang Kabupaten Banyumas. Strategi dalam pembelajaran Bahasa Arab antara lain membaca keras, membaca dalam hati, membaca cepat dan metode yang menerapkan di Pondok Pesantren Modern Al-Azhary Ajibarang Kabupaten Banyumas adalah metode sam’iyah syafawiyyah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Modern Al-Azhary Ajibarang Kabupaten Banyumas. Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Subjek penelitian ini adalah strategi qira>’ah melalui pembelajaran kitab kuning. Objek penelitian ini adalah proses kegiatan pembelajaran kitab kuning yang terdiri atas aktivitas verbal dan non-verbal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah survie dan wawancara. Instrumen pengumpulan data terdiri atas pertanyaan dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan menggunakan teknik analisis data manual. Tahap analisis data tersebut mencakup data reduction, dan data dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Qira>’ah Dalam Pembelajarn Bahasa Arab Melalui Kitab Kuning di Pondok Pesantren Modern Al-Azhary Ajibarang Kabupaten Banyumas dengan menerapkan strategi qira>’ah menggunakan teknik qira>’ah jahriyyah (membaca keras), qira>’ah s}a>mitah (membaca dalam hati), qira>’ah (membaca) cepat, selain itu dilihat dari proses pembelajarannya usta>z\ menggunakan metode sam’iyah syafawiyyah. Hasil penelitian sesuai dengan teori yang dijelaskan dalam BAB II dan tujuan strategi qira>’ah tentunya tercapai sesuai dengan keinginan usta>z\.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: qiro'ah, membaca bahasa arab, pembelajaran membaca bahasa arab
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.72 Tata Bahasa Arab > 492.727 Pendidikan Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 20 Dec 2019 02:30
Last Modified: 20 Dec 2019 02:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6814

Actions (login required)

View Item View Item