PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK AL-FATTAH SUMAMPIR PURWOKERTO UTARA

ZULFA NUR MAULIDA FAZA, 1522406074 (2019) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK AL-FATTAH SUMAMPIR PURWOKERTO UTARA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER, BABI, BABV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (837kB) | Preview
[img] Text
ZULFA NUR MAULIDA FAZA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada zaman sekarang siswa harus diberi kesempatan untu berinteraksi dengan orang lain terutama teman sekelas, keluarga, dan masyarakat. Pengetahuan dapat diperoleh ketika siswa melakukan interaksi dengan masyarakat. Pengetahuan yang di peroleh hendaknya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga meningkatkan kualitas hidup. Oleh sebab itu, peneliti ingin mengkaji lebih dalam tentang pengaruh motivasi belajar anak usia dini di TK Al-Fattah Sumampir Purwokerto Utaral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar anak usia dini di TK Al Fattah Sumampir Purwokerto Utara tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian dengan desainone group pretest – posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas B1 TK Al Fattah Sumampir Purwokerto Utara yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi, observasi, dan wawancara.Penggunaan analisis statistik dalam penelitian ini adalah berupa statistik deskriptif sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Rata-rata sesudah dilakukan pendekatan saintifik yaitu 81,2941 lebih tinggi dibandingkan rata-rata sebelum dilakukan pendekatan saintifik yaitu 74,9412. (2)Uji paired t-test nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat perbedaan skor sebelum dan sesudah penerapan pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar. (3) nilai korelasi hasil pre test dan post test adalah sebesar 0,242 yang tergolong rendah. Nilai signifikansi sebesar 0,349, berarti hasil pre test dan post test tidak berhubungan secara signifikan. Dengan kata lain berarti dalam penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar anak usia dini di TK Al-Fattah Sumampir Purwokerto Utara tetapi pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar tidak berhubungan yang artinyajuga bisa dipengaruhi dengan kegiatan yang lain seperti kinerja guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Motivasi Belajar
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 19 Dec 2019 02:15
Last Modified: 19 Dec 2019 02:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6809

Actions (login required)

View Item View Item