ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN ANGGOTA DALAM MENGAMBIL PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA KSPPS BMT KHONSA CILACAP

Retno, Murniati (2019) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN ANGGOTA DALAM MENGAMBIL PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA KSPPS BMT KHONSA CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
SKRIPSI FULL RETNO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (714kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor sosial, faktor produk dan faktor promosi terhadap keputusan anggota dalam mengambil pembiayaan murabahah pada KSPPS BMT Khonsa Cilacap secara parsial. Dan untuk mengetahui pengaruh faktor sosial, faktor produk dan faktor promosi terhadap keputusan anggota dalam mengambil pembiayaan murabahah pada KSPPS BMT Khonsa Cilacap secara simultan. Responden dalam penelitian ini adalah anggota pembiayaan murabahah KSPPS BMT Khonsa Cilacap. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 97 responden. Jumlah sampel diambil dari rumus Slovin. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan teknik Non Probability Sampling dengan cara purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dengan membagikan pada anggota pembiayaan murabahah KSPPS BMT Khonsa Cilacap. Metode analisis data menggunakan analisis regresi ordinal dan korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel independen secara simultan berpengaruh terhadap keputusan anggota dalam mengambil pembiayaan murabahah pada KSPPS BMT Khonsa Cilacap. Sedangkan secara parsial variabel faktor sosial dan faktor produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan anggota dalam mengambil pembiayaan murabahah, sedangkan variabel faktor promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan anggota dalam mengambil pembiayaan murabahah. Dari uji determinasi diketahui bahwa 40,7% terhadap keputusan anggota dalam mengambil pembiayaan murahahah pada KSPPS BMT Khonsa Cilacap dapat dijelaskan oleh faktor sosial, faktor produk dan faktor promosi. Sedangkan sisanya sebesar 59,3% dipengaruhi faktor lain yang dalam hal ini tidak menjadi bahan penelitian penulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Social Factor, Product Factor, Promotion Factor, Murabaha Financing, Decision Customer
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.24 Persekutuan (Syirkah, Qirad, Mudhorobah, Murabahah, Musaqoh, Muzaroah)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 18 Dec 2019 07:22
Last Modified: 18 Dec 2019 07:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6804

Actions (login required)

View Item View Item