ESTI INAYAH, 1423301046 (2019) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI EKSTRAKULIKULER TAPAK SUCI DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER, BAB I PENDAHULUAN, BAB V PENUTUP, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ESTI INAYAH_INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK MELA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena terjadinya fenomena krisis akhlak dikalangan generasi remaja penerus bangsa yang semakin parah sehingga diperlukan adanya internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak yang itu sudah menjadi tugas bagi semua orang. Banyak upaya yang dilakukan untuk meninternalisasikan nilai-nilai pendidikan akhlak salah satunya yaitu melalui kegiatan ekstrakulikuler. Ekstrakulikuler tapak suci merupakan salah satu seni beladiri yang tidak hanya mengutamakan aspek olahraga namun juga aspek iman dan akhlak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam ekstrakulikuler tapak suci dan proses internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak melalui ekstrakulikuler tapak suci. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode obserasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yaitu menggunakan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam ekstrakulikuer tapak suci SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto meliputi akhlak terhadap Allah, akhlak terhadap sesama dan akhlak terhadap lingkungan. Sedangkan tahapan atau proses internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak melalui ekstrakulikuler tapak suci ada 3 tahap, yaitu tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai dan tahap transinternalisasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Internalisasi, Pendidikan Akhlak dan Tapak Suci. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 11 Dec 2019 01:46 |
Last Modified: | 11 Dec 2019 01:46 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6770 |
Actions (login required)
View Item |