FatmaDwi Septiani, 1522402058 (2019) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT BUYA HAMKA SERTA RELEVANSINYA BAGI PENDIDIK DAN PESRTA DIDIK. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER, BAB I PENDAHULUAN, BAB V PENUTUP, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
FATMA DWI SEPTIANI_KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT BUYA HAM.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Adabeberapa fenomenayang terjadi di duniapendidikanyang memertlukan perhatian dariseluruhpihak.Haiinidikarenakan fenomena tersebutmemilikikecenderunganyang bersifatnegatif, jauhdaritugaspendidikmaupunpeserta didik.Sebagaicontohfenomena tersebutyaituadanya peserta didikmemilikikebiasaangemar menyontek dantawuran.Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengoptimalkan pendidikanakhlakdisekolah.Dalamupayamengoptimalkan pelaksanaanpendidikan akhlak dapatdilakukandenganmenggaliberagampemikiranyang selarasdenganhaltersebut.Salah satudiantararagampemikiranyang dapatdijadikanalternatif dalambidang pendidikan akhlak adalah pemikirandari BuyaHamka. TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuikonseppendidikanakhlakmenurutBuyaHamka serta relevansinyabagi pendidik danpesertadidik. Penelitianinimerupakanpenelitianpustaka (library research). Penelitianinibersifat deskriptif kualitatifyaitumendeskripsikanapayangbukanberupaangka.Adapunmetode pengumpulandatanyaadalah dokumentasikumudianpenelitimenggunakananlisisisi (analysis conten)sebagaiteknik analisisdatanya. Hasilpenelitianmenunjukan bahwa konseppendidikanakhlakmenurutHamka meliputiunsur-unsurmateri,tujuan,ruang lingkup, danmetode.Daribeberapaunsur pendidikanakhlak tersebutbertujuanuntukmenjadikanmanusia beribadahkepada Allah dengan carabermanfaatbagi oranglain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akhlak.BuyaHamka. Pendidk. Pesertadidik. |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.4 Pemurnian dan Pembaharuan Pemikiran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 09 Dec 2019 02:00 |
Last Modified: | 09 Dec 2019 02:00 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6753 |
Actions (login required)
View Item |