IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU KOMPUTER MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT TAHUN PELAJARAN 2010/2011

IIN SULISTIO ZAKIYYATIN, NIM. 072335010 (2011) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU KOMPUTER MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
IIN SULISTIO ZAKIYYATIN_IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU KOMPUTER MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V DI MI DARUL HIKMAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Implementasi pembelajaran berbasis ICT (Information and Communication Technology) dengan menggunakan komputer multimedia adalah kegiatan belajar mengajar yang melibatkan guru dan peserta didik dengan memanfaatkan komputer multimedia yang berupa laptop, proyektor (LCD) dan CD pembelajaran dalam menyampaikan materi pelajaran agar peserta didik dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman serta dapat menarik perhatian siswa sehingga ada keinginan, minat, dan motivasi dalam proses belajar. Yang ingin diteliti dalam sekripsi ini adalah, yang pertama bagaimana implementaasi pembelajaran berbasis ICT (Information and Communication Technology) dengan menggunakan komputer multimedia, kedua bagaimana kemampuan guru dalam menggunakan ICT dan ketiga bagaimana faktor pendukung dan penghambatnya. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian field research, yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung ke MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data-data tersebut diperoleh, penulis menganalisis data dengan menggunakan metode berfikir deduktif dan induktif.Setelah penelitian ini dilakukan, penulis memperoleh hasil penelitian bahwa Pembelajaran berbasis ICT dengan menggunakan komputer multimedia dilakukan guru IPA di MI Darul Hikmah Bantasoka meliputi tiga tahap yaitu tahap pertama pembukaan yang meliputi salam, apersepsi, pretest, motivasi, dan mengkondisikan kelas. Tahap kedua inti materi, metode, strategi pembelajaran dan pemanfaatan media berbasis ICT. Alat bantu yang digunakan oleh guru adalah laptop, LCD proyektor, CD pembelajaran, spiker dan video. Alat bantu tersebut sudah bisa mendukung proses berjalannya pembelajaran, dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Dan tahap ketiga yaitu penutup meliputi penilaian atau evaluasi, dan menyimpulkan materi. Sebelum guru membuka pelajaran guru menyiapkan peralatan yang digunakan yaitu, laptop, LCD proyektor, CD pembelajaran, spiker dan video. Kemudian guru menyampaikan materi yang dibahas dengan metode bervariasi, penjelasannya begitu detail dan mengkaitkan dengan kehidupan sekitar. Guru menjelaskan materi dengan bantuan komputer multimedia yang meliputi laptop, proyektor, speker, CD pembelajaran dan video. CD pembelajaran yang digunakan guru IPA kadang menggunakan ed.nik kadang KTSP dan kadang juga membuat power point. Di dalam CD terdapat isi materi yang x disertai dengan animasi, guru tinggal menyajikan dan menjelaskan setiap pointpointnya. Video di download guru dari youtube untuk disajikan ke siswa, setelah selesai kemudian siswa berdiskusi tentang isi dari video tersebut. Dengan pembelajaran berbasis ICT dalam pembelajaran IPA suasana pembelajaran menjadi lebih menarik, efektif, lebih interaktif dan siswa termotivasi. Selain itu, terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis ICT yaitu, faktor guru, siswa dan sarana prasarana kelas V MI Darul Hikmah Bantarsoka. Kata Kunci: ICT, Alat Bantu Komputer Multimedia, Pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 04 Aug 2016 07:44
Last Modified: 04 Aug 2016 07:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/675

Actions (login required)

View Item View Item