HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR TAHFIDZ AL-QUR’AN DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS V SD IT PUTRA HARAPAN PURWOKERTO

PINGKI, ROFIYANTI SETIANINGSIH (2019) HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR TAHFIDZ AL-QUR’AN DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS V SD IT PUTRA HARAPAN PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
PINGKY ROFIYANTI SETIANINGSIH_HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR TAHFIDZ AL-QUR’AN DENGAN PRESTASI BELAJAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari pemahaman dan urgensi aktivitas menghafal al-Qur’an dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab siswa. Aktivitas menghafal al-Qur’an dan kecerdasan spiritual harapnya dapat membantu untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas V SD IT Putra Harapan Purwokerto. Permasalahnnya seberapa besar mata pelajaran tahfidz al-Qur’an berpengaruh dengan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas V SD IT Putra Harapan Purwokerto. Penelitian ini diharapkan dapat memberi acuan terhadap sekolah dalam melaksanakan program tahfidz al-Qur’an dalam membantu meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif. Dengan menggunakan metode penelitian survei. Sedangkan teknik analisis data penelitiannya, untuk uji prasyarat analisis penulis menggunakan uji normalitas, uji linieritas dan uji keberartian regresi. Untuk uji hipotesis penulis menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan menentukan persamaan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa mata pelajaran tahfidz al-Qur’an berhubungan dengan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas V SD IT Putra Harapan Purwokerto. Adapun besarnya hubungan mata pelajaran tahfidz al-Qur’an terhadap prestasi belajar bahasa Arab adalah sebesar 0,173 yang berarti bahwa mata pelajaran tahfidz al-Qur’an berhubungan dengan prestasi belajar bahasa Arab sebesar 17,3%, sedangkan sisanya 82,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar yang diteliti. Adapun faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas V SD IT Putra Harapan Purwokerto dibagi menjadi dua yaitu, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari faktor jasmani, faktor psikologis dan faktor kelelahan. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari faktor keluarga, faktor sekolah dan faktor masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mata Pelajaran Tahfidz al-Qur’an, Prestasi Belajar, Bahasa Arab
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sdr Mitra Pustakawan
Date Deposited: 09 Dec 2019 00:43
Last Modified: 09 Dec 2019 00:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6745

Actions (login required)

View Item View Item