PEMAHAMAN NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB ANAK USIA DINI DI DALAM BUKU KISAH TELADAN PARA NABI DI BA ‘AISYIYAH 1 PURBALINGGA LOR

Andriyani, Reni (2019) PEMAHAMAN NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB ANAK USIA DINI DI DALAM BUKU KISAH TELADAN PARA NABI DI BA ‘AISYIYAH 1 PURBALINGGA LOR. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RENI ANDRIYANI_PEMAHAMAN NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB ANAK USIA DINI DI DALAM BUKU KISAH TELADAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Karakter merupakan perilaku yang tampak dalam kehidupan sehari-hari baik dalam bersikap maupun dalam bertindak. Pada buku Kisah Teladan Para Nabi terdapat berbagai nilai karakter yang dapat dikenalkan kepada anak melalui berkisah. Dari berbagai nilai karakter penulis memilih nilai karakter tanggung jawab karena dalam nilai karakter tanggung jawab dapat meliputi nilai –nilai karakter lainnya yang berkaitan sesuai dengan jalan ceritanya. Masa anak usia dini, merupakan masa awal pembentukan berbagai karakter kepribadian. Pada masa inilah masa yang harus di fokuskan untuk perkembangan anak yang baik. Metode penelitian ini adalah penelitian literatur, dimana penulis meneliti nilai karakter tanggung jawab apa saja yang ada di buku Kisah Teladan Para Nabi, yang kemudian dikuatkan oleh penelitian di BA Aisyiyah 1 Purbalingga Lor. Penelitian Pustaka (Library Research), Teknik kepustakaan adalah “penelitian kepustakaan yang dilaksanakan dengan cara membaca, menelaah dan mencatat berbagai literatur atau bahan bacaan yang sesuai dengan pokok bahasan yaitu nilai karakter tanggung jawab yang ada di dalam buku Kisah Teladan Para Nabi. Kemudian wawancara yang digunakan peneliti untuk mendapatkan keterangan lisan melalui bercakap-cakap untuk mendapatkan informasi seberapa pahamnya anak dalam memahami isi kandungan dari buku. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya berbagai nilai karakter tanggung jawab yang ada pada buku Kisah Teladan Para Nabi yaitu, 1) tanggung jawab kepada diri sendiri, 2) tanggung jawab kepada keluarga, 3) tanggung jawab kepada masyarakat, 4) tanggung jawab kepada negara, dan 5) tanggung jawab kepada Tuhan. Penelitian langsung untuk memperkuat penelitian ini, penulis memilih 2 kisah nabi untuk di ceritakan kepada siswa kelas A di BA Aisyiyah 1 Purbalingga Lor. Pertama kisah Nabi Adam AS pada seri 1, yaitu mamiliki nilai tanggung jawab pada tuhan dengan mengakui kesalahan dan menyesal akan perbuatannya. Kedua kisah Nabi Sulaiman pada seri 3, yaitu memiliki nilai karakter tanggung jawab kepada bangsa/ negeri dengan jalan cerita burung hud-hud yang mengantarkan kepada pemimpin negeri sebrang dengan tanggung jawab dan amanah sampai tujuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nilai karakter tanggung jawab, kisah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 06 Dec 2019 08:27
Last Modified: 06 Dec 2019 08:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6737

Actions (login required)

View Item View Item