PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI PRAKTIK SALAT MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS II SDN 1 SOKAWERA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

IMROATUN MUFIDAH, 1522402230 (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI PRAKTIK SALAT MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS II SDN 1 SOKAWERA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER __BAB I__BAB V__DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text
IMROATUN MUFIDAH_Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Materi Praktik Salat Mengg.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Media merupakansalahsatukomponen yang sangatpentingdalampembelajaran, Namun, padakenyataannyamasihbanyakpendidik yang tidakmemanfaatkan media dalam proses pembelajaran, padahalpemanfaatan media dapatmembantumempermudahpenyampaianmateri, memperjelaspesan, mengatasiketerbatasanruang, waktudandayainderasertamemberikanrangsanganpadasiswa. Ada berbagaimacamjenis media, salahsatunya media adalah media audio visual yang penyampaianpesannyamelibatkaninderapenglihatandanpendengaransekaligus. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memudahkan guru dalam melakukan pendekatan dan melaksanakan metode mengajar, disamping menggunakan metode konvesional, guru dapat melengkapinya dengan media audio visual, Media inisangatsesuaiuntukdigunakandalampembelajaran Pendidikan Agama IslammateripraktikSalat, karena media inidapatmengatasikesulitan yang dihadapidalampembelajarantersebut. PenelitianTindakanKelas( PTK) inibertujuanuntukmengetahuihasilbelajar PAI padamateripraktiksalatmelalui audio visual padasiswakelas II Semester II di SDN 1 SokaweraTahunPelajaran 2018/2019. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis PTK yang urutan kegiatan penelitian mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan pengukuran hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriftif yang terdidri atas 3 ( alur) kegiatan yang berlangsung secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisi tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapann media audio visual terbukti dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi praktik salat di kelas II SDN 1 Sokawera. Hal ini dapat dilihat pada tabel pra siklus sampai siklus II menunjukan peningkatan yang cukup signifikan yaitu dari 8 siswa (42,10%) menjadi 16 siswa (84,21%) . Berdasarkan penelitian ini hendaknya guru mampu memilih media pembelajaran yang sesuai sehingga siswa dapat termotivasi untuk belajar. Dalam hal ini , guru dapat menggunakan media audio visual dalam pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Audio Visual, Hasil Belajar, PAI
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Dec 2019 01:39
Last Modified: 06 Dec 2019 01:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6724

Actions (login required)

View Item View Item