IMPLEMENTASI PENDEKATAN SENTRA DAN LINGKARAN (BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME) DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DI KBIT INSAN KAMIL CIBENON KECAMATAN SIDAREJA TAHUN AJARAN 2011/2012

INGANATUL KHASANAH, NIM. 072331077 (2012) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SENTRA DAN LINGKARAN (BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME) DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DI KBIT INSAN KAMIL CIBENON KECAMATAN SIDAREJA TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
INGANATUL KHASANAH_IMPLEMENTASI PENDEKATAN SENTRA DAN LINGKARAN (BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME) DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DI KBIT INSAN KAMIL CIBENON KECAMATAN SIDAREJA TAHUN AJARAN 2011-2012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan, pertama, bagaimanakah implementasi pendekatan sentra dan lingkaran (Beyond Center and Circle Time) di KBIT Insan Kamil Cibenon Kecamatan Sidareja? Kedua, bagaimana pelaksanaan pendekatan sentra dan lingkaran dalam penanaman nilai-nilai agama Islam di KBIT Insan Kamil Cibenon Kecamatan Sidareja? Pendekatan sentra dan lingkaran (Beyond Center and Circle Time) adalah pendekatan dalam pendidikan anak usia dini yang mendasarkan kegiatan bermain sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Pendekatan ini juga memperlihatkan betapa pentingnya bermain sensorimotor, bermain peran, dan bermain pembangunan sampai munculnya keaksaraan. Pendekatan BCCT memungkinkan anak aktif menemukan sendiri pengetahuannya melalui sentra-sentra. Sentra adalah pusat kegiatan anak untuk melakukan eksplorasi, meneliti dan mencoba dengan main yang mengarah kepada kebebasan dan kedisiplinan. Penyediaan sentra dalam pembelajaran dengan pendekatan Beyond Center and Circle Time(BCCT) dapat membuat siswa merasa lebih memiliki waktu dan kesempatan untuk mengekspresikan bakat dan minat siswa, karena para pendidik adalah sebagai fasilitator yang membantu siswa bila di butuhkan, pendidik tidak pernah menuntut peserta didik untuk memenuhi keinginan pendidik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik analisis non statistik yang menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara dalam mengumpulkan data, kemudian di analisis menggunakan pendekatan deduktif dan induktif. Hasil penelitian menyimpulkan, pertama, pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan sentra dan lingkaran (Beyond Center and Circle Time) di KBIT Insan Kamil Cibenon Sidareja menurut penulis sudah cukup baik, karena dalam praktiknya di lapangan proses pembelajarannya sudah dirancang dalam bentuk sentra-sentra dan ruangan kelasnya pun sudah dilengkapi dengan media atau alat-alat permainan edukatif yang dapat merangsang aspek kecerdasan anak. Dalam contoh, anak sudah mampu memperagakan gerakan shalat di rumah, membaca surat-surat pendek, dan hafalan doa-doa. Kemudian kedua, penanaman nilai-nilai agama Islam melalui pendekatan sentra dan lingkaran (Beyond Center and Circle Time) di KBIT Insan Kamil Cibenon Sidareja cukup berhasil. Hal ini dapat dilihat dari perilaku siswa yang senantiasa mencerminkan pribadi yang berakhlakul karimah baik di lingkungan sekolah maupun di luaar sekolah. Misalnya: mendengarkan nasihat-nasihat guru dan orang tua, menghormati, menghargai dan menyayangi teman, dan lain sebagainya. Kata kunci : Pendekatan Sentra dan Lingkaran (BCCT), Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dan KBIT Insan Kamil Cibenon Sidareja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 04 Aug 2016 07:03
Last Modified: 04 Aug 2016 07:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/672

Actions (login required)

View Item View Item