SISTEM PENJAMIN MUTU PENDIDIKAN DI SMP AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH CILACAP

LUKMAN ALI MUSTOFA, 1617651011 (2019) SISTEM PENJAMIN MUTU PENDIDIKAN DI SMP AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH CILACAP. Masters thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text
LUKMAN ALI MUSTOFA_SISTEM PENJAMIN MUTU PENDIDIKAN DI SMP AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH CILACAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Sekolah adalah bagian penting dari sistem pendidikan nasional. Persoalan utama yang dihadapi sekolah secara umum adalah terkait dengan manajemen mutu pendidikan yang meliputi 8 Standar Nasional Pendidikan. SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Cilacap merupakan lembaga pendidikan yang memiliki keunggulan dari berbagai aspek dan bisa dijadikan rujuk mutu bagi sekolah yang lainnya. Dalam penelitian ini akan dikaji manajemen mutu sekolah dari tiga standar nasional pendidikan yaitu; Standar Isi, Standar Proses dan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi standar isi di SMP Al Irsyad al Islamiyyah Cilacap, 2) Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi standar proses di SMP Al Irsyad al Islamiyyah Cilacap dan 3) Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi standar tenaga pendidik dan kependidikan di SMP Al Irsyad al Islamiyyah Cilacap. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretif dengan metode kualitatif-deskriptif dan pendekatan fenomenologis-naturalistik. Rancangan penelitian menggunakan studi kasus yang dilakukan di SMP Al Irsyad al Islamiyyah Cilacap. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data kasus individu (individual cases). Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui member check, dan diskusi dengan teman sejawat.Berdasarkan data penelitian diperoleh; Manajemen Mutu di SMP Al Irsyad al Islamiyyah Cilacap memiliki sistem penjamin mutu yang ada pada standar isi, standar proses dan standar Tendik; untuk Standar Isi dalam perencanaannya dimulai dari pembentukan Tim Pengembang Kurikulum. Seluruh perencanaan standar isi tersebut diimplementasikan dalam bentuk perumusan visi, misi, tujuan dan program sekolah. Evaluasi standar isi dilakukan terkait dengan rencana dan implementasi visi, misi, tujuan dan program sekolah. Manajemen mutu standar proses dimulai dari penyusunan silabus, RPP, bahan ajar dan alat evaluasi yang dilakukan oleh guru. Pelaksanaan standar proses dilakukan oleh guru dalam rangka mengimplementasikan standar isi dan seluruh rencana pembelajaran. Evaluasi proses dilakukan oleh guru meliputi evaluasi perencanaan proses yang sudah dibuat, evaluasi proses pembelajaran dan evaluasi hasil belajar. Manajemen mutu pada standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan dilakukan untuk memenuhi kuantitas dan kualitas tenaga pendidik melalui rekrutmen dan seleksi dilakukan oleh pihak yayasan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Sistem, Manajemen, Penjamin Mutu, Sekolah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 05 Dec 2019 03:24
Last Modified: 05 Dec 2019 03:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6716

Actions (login required)

View Item View Item