Naeli Sangadah, NIM. 1223301116 (2016) PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN SKI DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA KEC. PURWOKERTO BARAT KAB. BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (374kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Naeli Sangadah_Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran SKI di MI Darul Hikmah Bantarsoka Kec. Purw.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penilaian autentik pada mata pelajaran SKI merupakan penilaian yang dilakukan pada mata pelajaraan SKI di lembaga sekolah yang telah menggunakan kurikulum 2013 pada proses pembelajaran dan penilaian dalam mata pelajaran tersebut. Penilaian autentik memiliki fokus yang tinggi terhadap tiga ranah, yaitu ranah afektif, kognitif dan psikomotor. Penilaian autentik juga sangat memperhatikan penilaian awal dan proses pembelajaran, dan tidak hanya penilaian hasil belajar saja. Dalam melaksanakan penilaian di masing-masing ranah, penilaian autentik memiliki teknik dan instrumen yang dapat dipilih dan digunakan oleh guru dalam menilai hasil pembelajaran yang dilaksanakan. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penilaian autentik di MI Darul Hikmah Bantarsoka, dan secara khusus mendeskripsikan perspektif guru mata pelajaran SKI terhadap penilaian autentik, serta mendeskripsikan teknik dan instrumen penilaian autentik yang digunakan oleh guru SKI di MI Darul Hikmah Bantarsoka. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, dan menggunakan metode study kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis model Miles Huberman yang terdiri dari tiga tahap, yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan penilaian autentik pada mata pelajaran SKI telah sesuai dengan teori, meskipun ada beberapa teknik yang belum terlaksana.Guru mata pelajaran SKI juga telah memiliki pemahaman yang sesuai terkait dengan teori penilaian autentik. Teknik penilaian yang digunakan pada ranah afektif diantaranya yaitu teknik observasi, teknik penilaian diri dan teknik penilaian antarpeserta didik. Pada ranah kognitif menggunakan teknik tes tertulis, teknik tes lisan dan teknik penugasan. Sedangkan pada ranah psikomotor menggunakan teknik unjuk kerja dan teknik penilaian proyek. Instrumen yang digunakan pada penilaian ranah afektif yaitu berupa skala penilaian yang disertai rubrik. Penilaian ranah kognitif menggunakan instrumen berupa soal pilihan ganda, jawaban singkat dan uraian. Instrumen yang digunakan pada ranah psikomotor yaitu menggunakan skala penilaian yang disertai rubrik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penilaian Autentik, Mata Pelajaran SKI, MI Darul Hikmah Bantarsoka |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 06:40 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 06:40 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/669 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |