UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PAI MATERI KISAH KHALIFAH ABU BAKAR AS SIDDIQ MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SDN 2 KALIKABONG KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

IMAM ABDULAH, 1522402229 (2019) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PAI MATERI KISAH KHALIFAH ABU BAKAR AS SIDDIQ MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SDN 2 KALIKABONG KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (622kB) | Preview
[img] Text
Imam Abdulah_Upaya Peningkatan Prestasi Belajar PAI Materi KIsah Khalifah ABu Bakar as Siddiq Menggunakan metode Role Pla~1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V SD Negeri 2 Kalikabong Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga, sebelum diadakan penelitian tindakan kelas dari 18 siswa baru 5 siswa saja yang telah tuntas dan mendapatkan nilai sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu ≥ 70. Dan 13 siswa belum tuntas atau mendapatkan nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan. Penulis sebagai pengampu pada mata pelajaran PAI tersebut ingin memperbaiki hasil belajar siswa dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode Role Playing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif di mana penulis sebagai pelaksana dan rekan sejawat/kolabor sebagai pengamat. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dan meningkatkan prestasi belajar siswamenggunakan metode role playing. Hasilpenelitian ini yaitu; penggunaanmetode role playingdaritemuandanrefleksi,selama siklusIdansiklusIItelahberimplikasibaikterhadaphasilbelajarsiswa dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini terlihat dengan naiknya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Kalikabongpada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pada saat pra siklus dari 18 siswa hanya 5 siswa yang tuntas KKM atau 28% pada siklus I naik menjadi 13 siswa yang tuntas KKM atau sebanyak 72% dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 17 siswa atau 94%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasibelajar, PAI, Role Playing
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 02 Dec 2019 02:51
Last Modified: 02 Dec 2019 02:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6671

Actions (login required)

View Item View Item