IMPLEMENTASI STRATEGI PELAYANAN PRIMA PADA BISNIS BIRO PERJALANAN WISATA PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Terhadap Strategi Bisnis CV. Mitra Inter Nusapada Tour and Travel Purwokerto-Banyumas)

Puja, Mochamad Nur (2019) IMPLEMENTASI STRATEGI PELAYANAN PRIMA PADA BISNIS BIRO PERJALANAN WISATA PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Terhadap Strategi Bisnis CV. Mitra Inter Nusapada Tour and Travel Purwokerto-Banyumas). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MOCHOMAD NUR POJA_IMPLEMENTASI STRATEGI PELAYANAN PRIMA.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Dalam sebuah perusahaan, pelanggan merupakan salah satu komponen penting dalam menentukan dan mencapai kemajuan perusahaan. Pelanggan dikatakan sebagai raja karena pelanggan adalah pembeli. Hukum tersebut berlaku pula pada perusahaan biro wisata. Sebagai salah satu jenis dari usaha jasa pariwisata, biro perjalanan wisata memiliki peran sebagai jembatan penghubung antara wisatawan dengan penyedia jasa akomodasi, restoran, operator adventure tour, operator pariwisata dan lain-lain. Dengan adanya biro perjalanan wisata, diharapkan dapat mempermudah kegiatan wisata para wisatawan itu sendiri. CV Mitra Inter nusapada Tour & Travel atau yang lebih dikenal dengan Mitra Tour adalah perusahaan yang bergerak dibidang pariwisata. Mitra Tour memiliki motto sekaligus acuan dalam kinerja perusahaan yaitu menjadi “Your Comfort Travel Partner” bagi pelanggan. Pelayanan terbaik sesuai standar pemerintah yang diberikan Mitra Tour pada pelanggan selaras pengertian pelayanan prima yaitu suatu pelayanan yang memenuhi standar kualitas yang sudah di tentukan. Oleh karenanya untuk mewujudkan pelayanan terbaik, sebuah perusahaan harus memiliki startegi. Yang dimaksud strategi di sini ialah langkah-langkah tertentu yang harus dijalankan oleh suatu organisasi ataupun perusahaan untuk mencapai sasaran dan tujuan dalam penentu jangka panjang. Tingkat kepuasan yang dirasakan pelanggan mempunyai konsekuensi berupa komplain atau loyalitas pelanggan. Dengan terciptanya kepuasan pelanggan yang optimal maka akan mendorong terciptanya loyalitas di benak pelanggan yang merasa puas tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan teknik analisis trianggulasi: reduksi data, display data baru kemudian penarikan kesimpulan. Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan bahwa strategi pelayaan prima yang dilakukan oleh Mitra Tour Purwokerto, dilakukan dengan baik yaitu dengan melayani pelanggan dengan ramah dan sopan, dan hasil penelitian menunjukan bahwa pelanggan merasa puas dengan kinerja dari tim Mitra Tour. Pelaksanaan bisnis juga sesuai dengan etika bisnis yang ada di dalam agama islam yang memuat nilai-nilai kebaikan, kejujuran, dan kemashlahatan bersama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Prima, Mitra Tour, Etika Bisnis Islam
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 28 Nov 2019 01:35
Last Modified: 28 Nov 2019 01:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6641

Actions (login required)

View Item View Item