Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mengenal Malaikat dan Tugasnya Melalui Metode Make A Match Di Kelas IV SD Negeri 1 Talagening Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2018/2019

Yeyen Dwi Wardani, 1522402255 (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mengenal Malaikat dan Tugasnya Melalui Metode Make A Match Di Kelas IV SD Negeri 1 Talagening Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (480kB) | Preview
[img] Text
YEYEN DWI WARDANI_UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA IS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar di kelas IV SDN 1 Talagening yang disebabkan karena pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam masih berpusat pada guru yang masih mengikuti kebiasaan dengan urutan yang dimulai guru dengan langsung memaparkan materi, selanjutnya mengevaluasi siswa melalui latihan. Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalamMengenal Malaikat dan tugasnya dengan menggunakan metode make a match pada siswa kelas IV SDN 1 Talagening, Purbalingga tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang difokuskan pada tindakan-tindakan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Mengenal Malaikat dan tugasnya dengan menggunakan metode make a match pada siswa kelas IV SDN 1 Talagening, Purbalingga tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan penulis dalam dua siklus menghasilkan terjadinya peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I siswa yang tuntas hanya 8 atau 44,44 % menjadi 88,89 % atau 16 siswa yang tuntas pada siklus II dan peningkatan nilai rata-rata dari 59 pada siklus I menjadi 74 pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa metode make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Mengenal Malaikat dan tugasnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Make a Match
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 26 Nov 2019 01:53
Last Modified: 26 Nov 2019 01:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6615

Actions (login required)

View Item View Item