HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN KELAS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI DIPONEGORO 1 PURWOKERTO LOR

Via Nurmalia Anggraeni, 1522401043 (2019) HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN KELAS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI DIPONEGORO 1 PURWOKERTO LOR. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (462kB) | Preview
[img] Text
Via Nurmalia Anggraeni_HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN KELAS DENGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB)

Abstract

Penelitian ini membahasa mengenai hubungan antara manajemen kelas dengan hasil belajar siswa di MI Diponegoro 1 Purwokerto Lor. Penulis tetarik meneliti masalah ini karena manajemen kelas sangay erat hubungannya dengan kegiatan pembelajaran, namun keduanya dapat dibedakan atas dasar tujuannya. Pembelajaran merupakan kegiatan yang secara langsung dimaksudkan untuk mencapai tujuan khusus dalam pembelajaran. Sedangkan manajemen kelas yaitu kegiatan menciptakan rasa nyaman kepada siswa sehingga siswa merasa betah di dalam kela serta menciptakan kondisi belajar yang bervariatif serta dapat menjadikan alat komunikasi yang baik antara guru dan siswa. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian lapangan yang bersifat desktripti kuantitatif. Objek penelitiannya adalah manajemen kelas dan hasil belajar siswa di MI Diponegoro 1 Purwokerto Lor. Sampel dalam penelitian ini adalah 25% dari anggota populasi setiap kelas yang terdiri dari kelas 3 sampai kelas 5. Jumlah sampelnya yaitu 45siswa. Pengambilan sampel ini dilakukan menggunakan teknik random sampling yaitu mencari responden secara acak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan menggunakan korelasi product moment untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara manajemen kelas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara manajemen kelas dengan hasil belajar siswa di MI Diponegoro 1 Purwokerto Lor. Dari hasil perhitungan korelasi diperoleh angka sebesar 0,496. Artinya interpretasi koefisien korelasi angkat 0,496 berada diantara 0,400-0,599 maka korelasi tersebut cukupkuat. Dan dari hasil perhitungan korelasi memiliki nilai sig. 0,000 artinya lebih kecil dari 0,05 sehingga dikatakan memiliki hubungan yang signifikan antara manajemen kelas dengan hasil belajar siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa manajemen kelaas yang baik akan menentukan hasil belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manjamen Kelas, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 26 Nov 2019 01:42
Last Modified: 26 Nov 2019 01:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6614

Actions (login required)

View Item View Item