EVALUASI PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI SD ISLAM TERPADU AS SHOLEH GUMILIR KABUPATEN CILACAP

Masngadatul, Akhiroh (2019) EVALUASI PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI SD ISLAM TERPADU AS SHOLEH GUMILIR KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB IV_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V.pdf

Download (488kB) | Preview

Abstract

Program tahfidzul qur’an merupakan menghafal al-qur’an. Program ini dilaksanakan melalui pembiasan setiap harinya. Program ini tidak hanya program yang di unggulkan tetapi masuk dalam jadwal pelajaran yaitu mata pelajaran tahfidzul qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi program tahfidzul qur’an di SD IT As Sholeh yang meliputi Evaluasi Konteks, Evaluasi Input, Evauasi Proses dan Evaluasi Produk/ hasil. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dalam hal ini teknik-teknik dalam mengumpulkan data adalah melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data yang penulis pakai menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian Menunjukan (1) Evaluasi terhadap Konteks yaitu Program tahfidzul qur’an SDIT As Sholeh Gumilir berasal dari visi & misi, latar belakang program tahfidzul qur’an, identifikasi kelemahan dan kekutan. Serta penilaian terhadap komponen kebutuhan peserta didik. Kelemahan-kelemahan program tahfidzul Qur’an dapat diatasi dengan proses perbaikan atas kekurangan dan upaya yang dilakukan dalam proses perbaikan atas kekurangan (2) Evaluasi Input yaitu persiapannya yang melalui Rapat Kerja tahunan, membuat tim program, penyusunan program kerja, sosiaalisasi peserta didik dan persiapan monitoring pelaksanaan program. (3) Evaluasi Proses yaitu Pelaksanaan program tahfidzul qur’an meliputi persiapan pembimbing, penataan sarana dan prasarana, mengkondisikan peserta didik, penilaian. Pelaksanaan program antara lain memberikan materi hafalan atau surat untuk hafalan, serta praktek cara membaca dan menghafal qur’an dengan benar. (4) Evalnuasi Produk /Hasil yaitu hasilnya dapat dilihat dari prestasi-prestasi yang didapatkan. Dan terkait berapa banyak surat yang dihafal siswa rata-rata sudah hafal sesuai dengan target surat yang sudah ditentukan walaupun masih ada satu dua yang belum hafal, dari hasilnya dapat dilihat dari nilai-nilai yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program, Tahfidzul Qur’an, Evaluasi Konteks, Input, Proses, dan Produk /hasil
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 21 Nov 2019 23:46
Last Modified: 21 Nov 2019 23:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6594

Actions (login required)

View Item View Item