IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PURBALINGGA

Akhmad, Lutfi (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
2. BAB I dan V.pdf

Download (906kB) | Preview
[img] Text
3. Sekripsi Full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah melihat adanya kondisi alam yang semakin lama semakin rusak sehingga dengan adanya peristiwa seperti itu, pendidikan lingkungan hidup perlu diimplikasikan dalam pendidikan dasar kepada orang-orang dengan tujuan meningkatkan kesadaran akan kepedulian terhadap lingkungan hidup. Pendidikan lingkungan hidup berperan besar bagi kesejahteraan dan kesinambungan hidup masyarakat. Pendidikan agama Islam merupakan salah satu solusi yang paling tepat untuk menerapkan wawasan lingkungan di dalamnya. Pendidikan Agama Islam dan kesadaran memiliki kaitan yang erat dalam mengatasi krisis lingkungan dewasa ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dengan mengambil latar belakang Madrasah, WAKA Kurikulum, guru PAI, dan tim adiwiyata. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data dalam penelitian ini mengacu pada model Miles dan Huberman yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: pengumpulan data, data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan/verifikasi). Karena objeknya tentang pendidikan, maka subjek yang digunakan adalah orang yang memiliki data dan informasi yang akurat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Pendidikan Agama Islam diwujudkan melalui konsep Madrasah Aliyah Negeri Purbalingga. Subjek penelitian ini adalah Kepala integrasi KBM (indoor) yaitu dengan mengintegrasikan pendidikan lingkungan hidup dalam materi PAI yang meliputi al-Qur‟an Hadits, Akidah Akhlak, Fikih dan SKI. Integrasi melalui kegiatan pendukung (outdoor) dengan segala aktivitas seluruh warga madrasah diarahkan pada sikap ramah terhadap lingkungan melalui aneka kegiatan peduli lingkungan. Metode yang digunakan dalam membangun kesadaran berlingkungan meliputi metode keteladanan, pembiasaan, kedisiplinan, ibrah dan mau’idzah. Implementasi Pendidikan Agama Islam berwawasan lingkungan tersebut melatih anak memiliki pandangan terhadap alam dan sekitarnya. Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Agama Islam, Wawasan Lingkungan Hidup

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Agama Islam, Wawasan Lingkungan Hidup
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Muta Ali Arauf
Date Deposited: 25 Nov 2019 07:08
Last Modified: 25 Nov 2019 07:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6563

Actions (login required)

View Item View Item