Sihabudin, Mukhammad (2019) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM INTEGRATIF BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP DAN BUDAYA LOKAL DI SMA NEGERI 1 SOKARAJA BANYUMAS. Masters thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB IV_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Manusia merupakan makhluk yang berbudaya dan sangat bergantung pada lingkungan yang memberikan sumberdaya alam untuk tetap bertahan hidup. Salah satu cara untuk bertahan hidup yaitu dengan mengolah lingkungan sekitar dengan mengedepankan sikap religius, kreatif, inovatif, ramah lingkungan, semangat untuk belajar dan etos kerja yang tinggi dan terus mengembangkan kemampuan berbudayanya. Adanya keterbatasan daya dukung lingkungan, menyebabkan manusia harus memperhatikan kelestarian lingkungan dan mempertahankan jiwa berbudaya yang memang sudah melekat erat dalam dirinya Antara agama lingkungan dan budaya bisa dikatakan merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan, sehingga dalam aplikasinya di masyarakat tidak bisa berjalan sendiri-sendiri sebagaimana yang diaplikasikan oleh SMA Negeri 1 Sokaraja Banyumas melalui program Adiwiyata dan PBKL (Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal). Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif-deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah,guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, guru Pembina sanggar batik, tim guru pembina Adiwiyata, serta siswa dengan objek penelitiannya adalah pendidikan agama islam integrative berwawasan lingkungan hidup dan budaya lokal. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: 1) model integrasi pendidikan agama Islam dengan lingkungan hidup dan budaya lokal di SMA negeri 1 Sokaraja Banyumas yaitu berusaha membangun keterkaitan antara agama dan lingkungan sebagai suatu kesatuan yang saling berkesinambungan, kemudian membekali sebuah pemahaman kepada siswa dengan berpedoman dari teks kemudian diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya pelestarian lingkungan yang terintegrasi melalui kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan program Adiwiyata, serta dengan mengintegral pada program PBKL (Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal)dengan mengambil salah satu keunggulan local daerah Sokaraja berupa batik sebagai budaya sandang khas daerah ini 2) proses pelaksanaan integrasi pendidikan agama Islam dengan lingkungan hidup dan budaya lokal di SMA negeri 1 Sokaraja Banyumas yaitu aplikasi model melalui kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, program Adiwiyata dan program PBKL yang saling terintegrasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan agama islam, integrasi, lingkungan hidup dan budaya lokal |
Subjects: | 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | K Kristiarso |
Date Deposited: | 20 Nov 2019 01:42 |
Last Modified: | 20 Nov 2019 01:42 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6562 |
Actions (login required)
View Item |