PERAN ORANG TUA ASUH DALAM MENDIDIK KEPRIBADIAN ANAK DI PANTI ASUHAN AL-AMIN DIPOSOEDARMO KOBER PURWOKERTO

Azhizhah, Nur (2019) PERAN ORANG TUA ASUH DALAM MENDIDIK KEPRIBADIAN ANAK DI PANTI ASUHAN AL-AMIN DIPOSOEDARMO KOBER PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER _ BAB I_ BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL AZIZAH.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL AZIZAH.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Peran orang tua asuh dalam mendidik kepribadian anak merupakan salah satu tugas yang mulia, didalamnya terdapat interaksi antara orang tua asuh dan anak asuh, lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses pendidikan dengan tujuan untuk mencapai pertumbuhan dan perubahan kepribadian yang baik sesuai dengan ajaran Islam dan sosial masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana peran orang tua asuh dalam mendidik kepribadian anak asuhnya di Panti Asuhan Al-Amin Diposoedarmo Kober Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif untuk memperoleh data-data dan informasi yang tepat dari penelitian maka peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti berdasarkan teori dariMiles danHuberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian menunjukan bahwa Peran Orang Tua Asuh dalam Mendidik Kepribadian Anak di Panti Asuhan Al-Amin Diposoedarmo Kober Purwokerto terlihat cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari kepribadian yang dimiliki orang tua asuh serta dalam melaksanakan perannya mendidik kepribadian anak dengan cara bertanggung jawab memenuhi kebutuhan anak dan fokus dalam mendidik anak yang dilakukan di Panti Asuhan Al-Amin Diposoedarmo Kober. Bentuk peran orang tua asuh dalam bertanggung jawab mendidik kepribadian anak terlaksana dalam tiga hal yaitu adanya metode yang digunakan dalam mendidik (keteladanan, pembiasaan, pembinaan, pemberian kisah, pemberian hukuman dan dialog), aspek yang dikembangkan oleh orang tua asuh (kognitif, bahasa, emosi, sosial serta nilai-nilai religius) dan hasil dari pendidikan kepribadian (perubahan sikap, bertambahnya ilmu serta ketrampilan anak). Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua asuh adalah menggunakan pola asuh demokratis yang dalam hal ini sangat cocok diterapkan bagi anak-anak di panti asuhan. Orang tua asuh memberikan batasan-batasan yang wajar bagi anak-anak dan memebrikan waktu luang untuk anak-anak mengekspresikan dirinya di luar kewajiban peraturan. Selain itu, terdapat program menghafal Al-Quran dan kajian kitab Fadilul Amal yang menjadikan kepribadian anak terlihat lebih baik dari sebelumnya. Hal ini terlihat dari anak-anak yang sebelum masuk ke Panti Asuhan Al-Amin Diposoedarmo kurang lancar membaca Al-Quran saat ini mampu mengikuti dengan lancar dan juga sikapnya yang tadinya tidak bisa mandiri dan tidak bisa membagi waktu menjadi anak yang mandiri dan bisa berbagi dengan anak-anak sebaya di panti asuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Orang Tua Asuh, Kepribadiam, Panti Asuhan Al-Amin Diposoedarmo
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services > 362.5 Problem and Service to the Poor
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 16 Nov 2019 06:25
Last Modified: 16 Nov 2019 06:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6528

Actions (login required)

View Item View Item