Sabar Nurlingati, 102334122 (2013) STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 WANGON KEC.BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar pustaka.pdf Download (441kB) | Preview |
|
Text
Sabar Nurlingati_Strategi Pembelajaran Aktif PAI di SDN 1 Wangon, Banjarnegara.pdf Restricted to Registered users only Download (707kB) |
Abstract
Pendidikan Agama Islam menjadi masalah yang selalu aktual. Hal ini karena pendidikan tidak hanya berfungsi untuk menciptakan manusia yang cerdas intelektual, akan tetapi juga cerdas emosional dan spiritual. Mengingat pentingnya peran pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter manusia, maka guru pun harus benar-benar memikirkan dan merencanakan bagaimana agar pembelajaran yang terjadi dapat berlangsung efektif dan efisien serta siswa mampu menyerap seluruh ilmu dan nilai yang terkandung dalam Pendidikan Agama Islam. Kegiatan pembelajaran mempunyai berbagai komponen pembelajaran. Selengkap apapun komponen dalam sistem pembelajaran yang ada, tanpa strategi pembelajaran yang tepat, maka komponen-komponen tersebut tidak akan memiliki makna dalam proses pencapaian tujuan. Hal tersebutlah yang melatar belakangi penulis menulis skripsi ini. Tujuan dan manfaat dari penulisan skripsi ini adalah mengetahui antara idealisme teori dengan realitas pelaksanaan strategi pembelajaran aktif di SD Negeri 1 Wangon Banjarnegara, sebagai bahan evaluasi bagi guru Pendidikan Agama Islam yang ada di SD Negeri 1 Wangon Banjarnegara. Lokasi yang dipilih adalah SD Negeri 1 Wangon Banjarnegara. Metode analisis data yang digunakan terbagi menjadi tiga langkah yakni pertama, reduksi data adalah merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting, dicari tema dan polanya dan membuang yang tidak diperlukan. Kedua, penyajian data dilakukan dalam bentuk naratif dan terakhir adalah penarikan kesimpulan. Sedangkan metode pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil temuannya adalah bahwa strategi pembelajaran aktif Pendidikan Agama Islam yang diterapkan di SD Negeri 1 Wangon Banjarnegara adalah Mencari jodoh kartu tanya jawab, Menyortir kartu, Kekuatan dua kepala, Praktek berpasangan, Hafalan dengan nyanyian. Strategi Mencari jodoh kartu tanya jawab diterapkan dengan membuat pertanyaan dan jawaban pada potongan kertas yang berbeda dan kemudian beri setiap peserta didik satu kertas dan minta mereka untuk mencari pasangannya dan kemudian untuk dibacakan dan disimpulkan. Menyortir kartu yakni guru membentuk tim terlebih dahulu dan membagikan setiap kelompok satu set kartu acak. Dan siswa diminta memasangkan kartu tersebut dalam kategori tertentu. Kekuatan dua kepala diterapkan dengan cara guru mengajukan pertanyaan yang menuntut pemikiran siswa, kemudian siswa diminta untuk menjawab secara individual. Setelah semua menjawab, siswa diminta berpasangan dan membahasnya bersama dan terakhir siswa diminta membandingkan setiap pasangan di depan kelas. Praktek berpasangan mempunyai langkah aplikatif yakni guru membentuk pasangan-pasangan yang berperan sebagai penjelas dan bertugas sebagai pengamat. Pasangan bertukar peran dan diteruskan sampai semua ketrampilan dapat dikuasai. Hafalan dengan nyanyian ini dilaksanakan dengan guru menulis lirik lagu yag sudah disesuaikan dengan tema yang akan diajarkan dan disesuaikan dengan nada lagu yang dianggap sudah biasa didengar oleh anak-anak. Kata kunci : Strategi Pembelajaran Aktif
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Indah Wijaya Antasari |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 01:55 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 01:55 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/652 |
Actions (login required)
View Item |