KONTRIBUSI GURU PEMBIMBING DALAM PENINGKATAN KUALITAS DIRI SISWA DI MTS ASY-SYAFI’IYAH TEGAL

Mahmudah, Izul Fathul (2019) KONTRIBUSI GURU PEMBIMBING DALAM PENINGKATAN KUALITAS DIRI SISWA DI MTS ASY-SYAFI’IYAH TEGAL. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IZZUL FATHUL MAHMUDAH_KONTRIBUSI GURU PEMBIMBING DALAM PENINGKATAN KUALITAS DIRI SISWA DI MTS AS.pdf

Download (886kB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana bentuk-bentuk kualitas diri siswa di MTs Asy-Syafi’iyah Tegal, 2) Bagaimana kontribusi guru pembimbing dalam peningkatan kualitas diri siswa. Maka dibutuhkan kontribusi dari pihak sekolah yang menangani dalam hal peningkatan kualitas diri siswa, yaitu kontribusi dari guru pembimbing. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kontribusi Guru Pembimbing dalam Peningkatan kualitas Diri Siswa di MTs Asy-Syafi’iyah Tegal. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang MTs Asy-Syafi’iyah Tegal. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pembimbing dan siswa kelas VIII MTs Asy-Syafi’iyah Tegal. Sedangkan obyek penelitian ini adalah bagaimana kontribusi dari guru pembimbing serta informasi, strategi, dan program apa saja yang diberikan dalam peningkatan kualitas diri siswa. Analisis data dilakukan untuk memberikan interpretasi secukupnya terhadap data yang telah dikumpulkan dan disusun untuk menjawab rumusan masalah sebagai kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil bahwa guru pembimbing berkontribusi sebagai motivator dengan cara memberikan layanan-layanan berupa dua jenis layanan yaitu: 1) Layanan dasar yakni ada layanan orientasi, layanan arientasi berupa penerapan tata tertib terhadap siswa baru dan layanan informasi digunakan sebagai bentuk pelaporan siswa yang bermasalah. 2) Layanan responsif yang berupa pemberian peringatan kepada siswa, konseling individu, konseling kelompok, pemberian hukuman kepada siswa, dan pemanggilan orangtua siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Guru Pembimbing, Kualitas Diri
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 15 Nov 2019 02:16
Last Modified: 15 Nov 2019 02:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6515

Actions (login required)

View Item View Item