PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN PEMBAGIAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS II MI MA’ARIF NU LIMBASARI KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

WINDARI, NIM. 072335035 (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN PEMBAGIAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS II MI MA’ARIF NU LIMBASARI KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
WINDARI_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN PEMBAGIAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS II MI MA’ARIF NU LIMBASARI KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (533kB) | Preview

Abstract

Jika pembelajaran matematika disampaikan oleh guru dengan cara menerangkan saja (guru menjelaskan, siswa tidak melakukan) maka amatlah sulit dimengerti oleh siswa. Apalagi siswa dengan latar belakang ilmu berhitung dan logika yang rendah. Proses belajar yang demikian ini akan menyebabkan kegiatan belajar menjadi monoton, siswa yang pasif, tidak kreatif, dan pada akhirnya ketika siswa menghadapi beberapa persoalan (masalah) pada pelajaran berikutnya ia akan mengalami kesulitan dan gagal menyelesaikannya. Akibatnya tentu hasil belajar yang dicapai siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang harusnya mereka selesaikan tidak sesuai dengan kompetensinya. Berkaitan dengan uraian diatas, maka perlu dipikirkan bagaimana cara penyajian materi dan bagaimana menggairahkan suasana pembelajaran matematika yang membuat siswa terlibat aktif dan merasa senang dalam belajar matematika. Pembelajaran matematika perlu di arahkan pada aktivitas-aktivitas yang mendorong siswa belajar aktif baik secara mental, fisik maupun sosial.Salah satu model pembelajaran matematika yang dapat mengembalikan semangat, kemauan, dan antusias belajar siswa yang pada gilirannya nanti dapat memacu dan meningkatkan hasil belajar siswa untuk mencapai indikator keberhasilan adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Dalam penelitian tindakan kelas ini, tindakan yang dimunculkan dalam pembelajaran matematika di kelas II MI Ma’arif NU Limbasari adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Setelah pembelajaran berlangsung dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, hasil belajar siswa dapat meningkat. Dari hasil observasi memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus pertama yang mencapai 61% dari jumlah seluruh siswa, namun masih belum mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu ≥ 75%. Untuk itu diperlukan adanya perbaikan pembelajaran pada siklus berikutnya. Pada siklus kedua terjadi pula peningkatan hasil belajar siswa karena adanya optimalisasi bimbingan guru dan perbanyakan latihan soal dalam proses pembelajaran, yaitu mencapai 89% dari jumlah seluruh siswa dan sudah mencapai indikator pencapaian keberhasilan yang sudah ditetapkan. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 04 Aug 2016 01:42
Last Modified: 04 Aug 2016 01:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/651

Actions (login required)

View Item View Item