ACHMAD FAIS, 1423305002 (2019) PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS DI SD TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO PADA SISWA KELAS V TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, IAIN.
Text
ACHMAD FAIS_fuel skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
SD Terpadu Putra HarapanPurwokertoadalah Salah satulembagapendidikansekolahdasar yang peduliterhadappengembangankarakterreligiussiswa.Kepeduliansekolahiniterhadapkarakterreligiussiswadibuktikandenganmengoptimakanpenanamankarakterreligussiswamelalui program unggulanyakni program binaaqidahdanibadahdenganketeladananataupembiasaan, dimanadidalamnyaterdapatkegiatankeseharian yang membudayaataudibiasakansecararutindemi terwujudnyapesertadidik yangberkarakterreligius. Namunkarenaketerbatsanwaktudanpertimbanganlainyaserta demi terciptanyapenelitian yang lebihbermaknamakapenelitihanyamemfokuskanpenelitianinisecarakhususpadakelasatassajayaknikelas V. Rumusanmasalahpadapenelitianiniadalahbagaimanapenanamankarakterreligius di SD Terpadu Putra HarapanPurwokertopadasiswakelas V tahunajaran 2019/2020? Penelitianinimerupakanpenelitianlapanganatau field research ,denganJenispenelitiankualitatif. Penyajian data dilakukansecaradeskriptifdenganmetodewawancara, observasidandokumentasi. Adapun yang menjadisubjekpenelitianadalahkepalasekolah, wakilkepalasekolah, guru, danpesertadidik.Analisis data peneliprogram binaaqidahdanibadahdenganketeladananataupembiasaantimenggunakan model Miles danHuberman. Hasilpenelitianinimenggambarkanpenanamankarakterreligiuspadasiswakelas V melaluikegiatan-kegiatankeseharian yang diadakan SD Terpadu Putra Harapan yang dapatmenumbuhkanbudayareligius demi terciptanyakarakterreligiussebagaimanakegiatan yang diadakansesuaidenganpendapatFathurrohmandalambukunyabudayareligiusdalammeningkatkanmutupendidikandandapatdikatakanberhasilkarenasiswasudahmenunjukkannilai(karakter) religiusyakninilaiibadahsertasiswatelahmenunjukkanindikatorkarakterreligiusyakniiman yang utuh, ibadahtekundanberakhlaqulkarimah. Beberapamasalah yang menghambatpenanamankarakterreligiusinimisalnyakonflik yang terjadidari orang tua yang tidakmauanaknyatersenggolsedikitlalumenuntut guru berbuatadil, kemudiankeluarnya guru yang telahdibinasekolah lama danmasuknya guru yang belummengertiakhlakdankebiasaan yang ada, jadiperludibinalagiolehsekolah, kemudiankonflikantaraanakberkebutuhankhususdengananak-anak normal lainnya, guru memerlukancaraterbaikdantenagaekstradalammenyelesaikannya, guru haruspengertianterhadapanakberkebutuhankhususdanmemberipengertiankepadaanak yang normal agaranak yang normal bisalebihpengertianterhadapanakberkebutuhankhusus. Kata Kunci :Penanamankarakterreligius, kegiatankeseharianbernilaireligius
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penanamankarakterreligius, kegiatankeseharianbernilaireligius |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 14 Nov 2019 02:58 |
Last Modified: | 14 Nov 2019 02:58 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6506 |
Actions (login required)
View Item |