PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS DI SD TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO PADA SISWA KELAS V TAHUN AJARAN 2019/2020

ACHMAD FAIS, 1423305002 (2019) PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS DI SD TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO PADA SISWA KELAS V TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ACHMAD FAIS_fuel skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

SD Terpadu Putra HarapanPurwokertoadalah Salah satulembagapendidikansekolahdasar yang peduliterhadappengembangankarakterreligiussiswa.Kepeduliansekolahiniterhadapkarakterreligiussiswadibuktikandenganmengoptimakanpenanamankarakterreligussiswamelalui program unggulanyakni program binaaqidahdanibadahdenganketeladananataupembiasaan, dimanadidalamnyaterdapatkegiatankeseharian yang membudayaataudibiasakansecararutindemi terwujudnyapesertadidik yangberkarakterreligius. Namunkarenaketerbatsanwaktudanpertimbanganlainyaserta demi terciptanyapenelitian yang lebihbermaknamakapenelitihanyamemfokuskanpenelitianinisecarakhususpadakelasatassajayaknikelas V. Rumusanmasalahpadapenelitianiniadalahbagaimanapenanamankarakterreligius di SD Terpadu Putra HarapanPurwokertopadasiswakelas V tahunajaran 2019/2020? Penelitianinimerupakanpenelitianlapanganatau field research ,denganJenispenelitiankualitatif. Penyajian data dilakukansecaradeskriptifdenganmetodewawancara, observasidandokumentasi. Adapun yang menjadisubjekpenelitianadalahkepalasekolah, wakilkepalasekolah, guru, danpesertadidik.Analisis data peneliprogram binaaqidahdanibadahdenganketeladananataupembiasaantimenggunakan model Miles danHuberman. Hasilpenelitianinimenggambarkanpenanamankarakterreligiuspadasiswakelas V melaluikegiatan-kegiatankeseharian yang diadakan SD Terpadu Putra Harapan yang dapatmenumbuhkanbudayareligius demi terciptanyakarakterreligiussebagaimanakegiatan yang diadakansesuaidenganpendapatFathurrohmandalambukunyabudayareligiusdalammeningkatkanmutupendidikandandapatdikatakanberhasilkarenasiswasudahmenunjukkannilai(karakter) religiusyakninilaiibadahsertasiswatelahmenunjukkanindikatorkarakterreligiusyakniiman yang utuh, ibadahtekundanberakhlaqulkarimah. Beberapamasalah yang menghambatpenanamankarakterreligiusinimisalnyakonflik yang terjadidari orang tua yang tidakmauanaknyatersenggolsedikitlalumenuntut guru berbuatadil, kemudiankeluarnya guru yang telahdibinasekolah lama danmasuknya guru yang belummengertiakhlakdankebiasaan yang ada, jadiperludibinalagiolehsekolah, kemudiankonflikantaraanakberkebutuhankhususdengananak-anak normal lainnya, guru memerlukancaraterbaikdantenagaekstradalammenyelesaikannya, guru haruspengertianterhadapanakberkebutuhankhususdanmemberipengertiankepadaanak yang normal agaranak yang normal bisalebihpengertianterhadapanakberkebutuhankhusus. Kata Kunci :Penanamankarakterreligius, kegiatankeseharianbernilaireligius

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanamankarakterreligius, kegiatankeseharianbernilaireligius
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 14 Nov 2019 02:58
Last Modified: 14 Nov 2019 02:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6506

Actions (login required)

View Item View Item