Apriliani, Nurul (2019) Evaluasi Program Praktik Kerja Industri (Prakerin) Jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) Di SMK Komputama Jeruklegi Kabupaten Cilacap. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (745kB) | Preview |
|
|
Text
COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB IV_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pelaksanaan praktik kerja industri (Prakerin) jurusan teknik komputer jaringan (TKJ) di SMK Komputama Jeruklegi Kabupaten Cilacap. Penelitian ini menggunakan penelitian field research dengan menggunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif. Tempat penelitian di SMK Komputama Jeruklegi Kabupaten Cilacap yang dimulai pada bulan desember 2018 sampai bulan februari 2019. Subjek dari penelitian ini adalah ketua panitia program praktik kerja industri (Prakerin), pembimbing Prakerin dan siswa peserta Prakerin. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam teknis analisis data ini dilakukan dengan cara mereduksi data serta verifikasi/penarikan kesimpulan. Evaluasi ini menggunakan metode CIPP yaitu context, input, process dan product. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) evaluasi konteks dalam pemenuhan kebutuhan bagi peserta didik sudah cukup baik, dengan adanya perencanaan yang dilakukan mulai dari pemenuhan proses belajar baik secara teori maupun praktik, pembekalan sebelum Prakerin baik materi pembelajaran maupun kejuruan, 2) evaluasi input masukan atau persiapan pelaksanaan program. Sebelum pelaksanaan program Prakerin persiapan meliputi rapat pembentukan panitia, rapat koordinasi panitia, penyusunan perangkat admnistrasi, negoisasi/penjajagan, memventralisir hasil negoisasi, pemetaan tempat dan peserta, pendistribusian perangkat admnistrasi, pelaksanaan orientasi kejuruan, pelepasan dan penyerahan peserta pada tempat Prakerin, 3) evaluasi proses atau pelaksanaan Prakerin yaitu ada pelaksanaan kegiatan peserta, monitoring pembimbing sekolah dan evaluasi hasil kegiatan Prakerin, 4) evaluasi produk atau manfaat Prakerin bagi siswa sangat berpengaruh karena siswa siswi yang melaksanakan Prakerin mendapatkan banyak pengalaman dari mengalami Prakerin salah satunya dengan membuat laporan Prakerin sebagai tanggung jawab selama pelaksanaanya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Program, Praktik Kerja Industri, Evaluasi Context, Input, Process, Product |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | K Kristiarso |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 04:48 |
Last Modified: | 13 Nov 2019 04:48 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6499 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |