ANALISIS SWOT PROGRAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI MA NURUL ISLAM KARANGJATI KECAMATAN SAMPANG

Umaroh Dina, Suryana (2019) ANALISIS SWOT PROGRAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI MA NURUL ISLAM KARANGJATI KECAMATAN SAMPANG. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB IV_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (731kB) | Preview

Abstract

Sebuah lembaga pendidikan pasti memiliki program pembelajaran unggulan, seperti menerapkan program pembelajaran tahfidzul Qur’an, dan seorang guru harus dapat menggunakan metode pembelajaran yang tepat dalam suatu pembelajaran terutama dalam menerapkan metode pembelajaran tahfidzul qur’an. Namun pada nyatanya ada beberapa siswa yang belum lancar membaca, kurangnya kesadaran siswa dalam menghafal dan siswa menganggap pembelajaran tahfidzul Qur’an menyulitkan, hal itulah yang menajadi penghambat dalam pembelajaran ini. Metode analisis SWOT ini dirasa tepat untuk digunakan dalam proses penilitian ini, karena pada dasarnya program pembelajaran yang dilaksanakan mempunyai kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang yang muncul dalam proses perkembangannya.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Analisis SWOT Program Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di MA Nurul Islam Karangjati Kecamatan Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dilaksanakan di MA Nurul Islam Karangjati Kecamatan Sampang, yang dimulai pada tanggal 18 Maret 2019. Subyek dari penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru Tahfidzul Qur’an dan Siswa MA Nurul Islam Karangjati Kecamatan Sampang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam tehnik analisis data ini dilakukan dengan cara mereduksi data serta verifikasi data/penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah adanya kelebihan, kelemahan, peluang dan ancaman. Kelebihan dari program pembelajaran tahfidzul qur’an yaitu satu-satunya program pembelajaran yang ada di kecamatan sampang di tingkat MA/SMA sederejat, kelemahan dari program ini ada beberapa peserta didik yang bukan dari kalangan pondok pesantren, ada beberapa juga yang tidak mengaji dirumah sehingga masih belum bisa membaca Al-Qur’an. Peluang, para penghafal Al-Qur’an sekarang mulai diperhitungkan di banyak ranah. Dunia kerja dan perguruan tinggi lanjutan sekarang juga banyak yang menjaring para pekerja dan calon mahasiswa yang memiliki kemampuan menghafal Qur’an. Ancaman dari program ini yaitu ketatnya persaingan dalam pendidikan, sehingga beberapa lembaga pendidikan lainnya juga memiliki program unggulan. Kata Kunci : SWOT, Program Pembelajaran, Tahfidzul Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SWOT, Program Pembelajaran, Tahfidzul Qur’an
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Muta Ali Arauf
Date Deposited: 21 Nov 2019 00:50
Last Modified: 21 Nov 2019 00:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6493

Actions (login required)

View Item View Item