SitiRahayuningsih, 1522402078 (2019) PembinaanKarakterReligiusdanDisiplinMelaluiPembiasaanShalatDluha di SD Al-MadinaWonosobo. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (588kB) | Preview |
|
Text
SITI RAHAYUNINGSIH_PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS DAN DISIPLIN .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian skripsi ini dilatar belakangi oleh lembaga pendidikan yang menciptakan lingkungan kondusif yang menjadikan sasaran utamanya adalah membangun karakter. Pendidikan kepribadian yang diperoleh anak dari aktivitas kesehariannya seringkali tidak teratur dan kurang sistematis oleh karena itu shalat sunnah dluha dijadikan sebagai salah satu program yang diharapkan mampu mewujudkan generasi emas berkarakter yang mana shalat dluha jarang sekali dijadikan kegiatan rutin di sekolah-sekolah manapun meskipun di sekolah yang berbasis Islam. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses dari pembinaan karakter melalui pelaksanaan shalat sunnah dluha, dan mengetahui karakter yang dibentuk dari pembinaan siswa melalui pelaksanaan shalat sunnah dluha pada siswa di SD Al-Madina Wonosobo. Penelitianinimenggunakanpenelitiankualitatifdeskriptif, dilaksanakan di SD Al-MadinaWonosobopadabulanJuli 2019 sampaiAgustus 2019.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasIV dan V yang dibinakarakterdalamshalatsunnahdluha di SD Al-MadinaWonosobo. Informanpenelitianiniadalahkepalasekolahdan wali kelas.Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahobservasi, dokumentasi, angket danwawancara.Untukmengecekkeabsahan data menggunakantekniktrianggulasisumberdanmetodologis.Teknikanalisinyamenggunakan modelanalisis data, tahap yang ditempuhyaitureduksi data, penyajian data, danpenarikankesimpulan. Hasilpenelitianinimenunjukkan proses pembinaankaraktersiswamelaluipelaksanaanshalatSunnahdluhapadakelas VI dan Vdi SDAl-MadinaWonosobo. Program ibadahshalatdluha di SD Al-MadinaWonosobosudahditerapkansejakmulaiberdirinya SD Al-Madinayaitusejaktahun 2006, dilakukansetiapharipukul 08.10 sampaipukul 08.30, kemudiandenganharapanmembiasakansiswamelakukanshalatsunnahdisampingshalatwajibdandenganharapanmembentukkarakter. Adapuntahapannyayaitu: a) pengetahuan moral, b) perasaanbermoral c) perilaku moral, Adapunmetode yang dipakaidalampembinaankarakter 1) metodepembiasaandanpengembangandiri, 2) metodeketeladanan, 3) metodepemberiannasihatdanperhatian. Karakterdaripelaksanaanshalatsunnahdluha di SD Al-MadinaWonosobo. Adapunkarakter yang ditanamkandaripembinaanmelaluishalatdluhaadalahsebagaiberikut: a) KarakterReligius b) Karakterdisiplin
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembinaan Karakter, Shalat Dluha. |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 12 Nov 2019 07:19 |
Last Modified: | 12 Nov 2019 07:19 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6479 |
Actions (login required)
View Item |