Penguatan Kompetensi Guru Melalui Program Supervisi Akademik di SD Islam Plus Masyithoh Kroya Kabupaten Cilacap

Mita, Aprilia Yulianti (2019) Penguatan Kompetensi Guru Melalui Program Supervisi Akademik di SD Islam Plus Masyithoh Kroya Kabupaten Cilacap. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I PENDAHULUAN_BAB V PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
MITA APRILIA YULIANTI_PENGUATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PROG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Sekolah merupakan suatu lembaga pendidikan formal yang menyelenggarakan proses belajar mengajar sebagai upaya tercapainya tujuan pendidikan. Guru merupakan penanggung jawab dalam kegiatan pembelajaran. Untuk mengetahui sejauh mana guru mampu melaksanakan proses belajar mengajar, maka kepala sekolah perlu melaksanakan program supervisi. Dimana sudah menjadi tugas kepala sekolah selaku supervisor yaitu melaksanakan program supervisi kepada guru-guru. Salah satu program supervisi yang perlu dilakukan oleh kepala sekolah yaitu supervisi akademik. Supervisi akademik merupakan upaya yang dilakukan dalam rangka membantu guru mengembangkan kemampuannya dalam mencapai tujuan pembelajaran. Tercapainya tujuan pembelajaran banyak tergantung pada kompetensi yang dimiliki oleh guru, sehingga melalui program supervisi akademik diharapkan dapat memperkuat kompetensi yang dimiliki oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penguatan kompetensi guru yang dilakukan oleh kepala sekolah yang berkaitan dengan kompetensi guru yang terdiri dari kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional guru di SD Islam Plus Masyithoh Kroya. Adapun jenis penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah dan guru di SD Islam Plus Masyithoh Kroya. Dari hasil penelitian kemudian data dikumpulkan dan dianalisis. Teknik analisis yang penulis gunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan kompetensi guru melalui program supervisi akademik di SD Islam Plus Masyithoh Kroya sudah berjalan dengan baik, hal ini terlihat pada penyusunan program supervisi akademik dan pelaksanaan program supervisi akademik dengan menggunakan teknik-teknik supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam menguatkan kompetensi guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: 101
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 21 Nov 2019 00:55
Last Modified: 21 Nov 2019 00:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6476

Actions (login required)

View Item View Item