Dampak Pendidikan Berbasis Agroforestri Terhadap Kecakapan Hidup Siswa MTs PAKIS Gununglurah Cilongok Banyumas

Ghani, Rizal Abdul (2019) Dampak Pendidikan Berbasis Agroforestri Terhadap Kecakapan Hidup Siswa MTs PAKIS Gununglurah Cilongok Banyumas. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RIZAL ABDUL GHANI_DAMPAK PENDIDIKAN BERBASIS AGROFORESTRI TERHADAP KECAKAPAN HIDUP SISWA MTs PAKI.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Pendidikan berbasis agroforestri merupakan salah satu potret pendidikan yang ada di daerah sekitar hutan. Pendidikan berbasis agroforestri berorientasi bahwa dalam pelaksanaan program pendidikan dikaitkan dengan keilmuan agroforestri. Yang mana pendidikan berbasis agroforestri juga akan mempengaruhi tingkat kecakapan hidup para siswanya. Rumusan masalah penelitian ini ada yang menanyakan tentang bagaimana dampak pendidikan berbasis agroforestri terhadap kecakapan hidup siswa MTs PAKIS Gununglurah Cilongok Banyumas. Dari rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah ada dampak pendidikan berbasis agroforestri terhadap kecakapan hidup siswa MTs PAKIS Gununglurah Cilongok Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Pada pengumpulan data, metode yang digunakan adalah angket, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Dalam proses uji coba instrumen, angket disebarkan kepada 15 responden. Setelah diperoleh data hasil uji coba, dilakukan uji validitas angket dan uji reliabilitas angket. Uji validitas angket dilakukan menggunakan teknik korelasi product moment, dan uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach. Metode analisis yang dipakai adalah analisis regresi linear sederhana dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, uji linearitas serta uji heteroskedastisitas. Dari hasil penelitian di MTs PAKIS Gununglurah Cilongok Banyumas yang berasal dari 17 responden, diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,815 dengan kontibusi variabel independen (pendidikan berbasis agroforestri) sebesar 66,1%. Persamaan regresi dari penelitian ini dapat dinyatakan dalam Y = 0,89 + 1,171X. Dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,815 maka hubungan antara variabel X (pendidikan berbasis agroforestri) dan Y (kecakapan hidup) dikategorikan sebagai hubungan kuat positif. Arti positif di sini adalah bahwa hubungan antara dua variabel adalah searah. Sehingga ketika terjadi perubahan positif pada variabel X, maka variabel Y juga akan mengalami perubahan positif dalam tingkatan yang sama. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat dampak pendidikan berbasis agroforestri terhadap kecakapan hidup siswa MTs PAKIS Gununglurah Cilongok Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan berbasis agroforestri merupakan salah satu potret pendidikan yang ada di daerah sekitar hutan. Pendidikan berbasis agroforestri berorientasi bahwa dalam pelaksanaan program pendidikan dikaitkan dengan keilmuan agroforestri. Yang mana pendidikan berbasis agroforestri juga akan mempengaruhi tingkat kecakapan hidup para siswanya. Rumusan masalah penelitian ini ada yang menanyakan tentang bagaimana dampak pendidikan berbasis agroforestri terhadap kecakapan hidup siswa MTs PAKIS Gununglurah Cilongok Banyumas. Dari rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah ada dampak pendidikan berbasis agroforestri terhadap kecakapan hidup siswa MTs PAKIS Gununglurah Cilongok Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Pada pengumpulan data, metode yang digunakan adalah angket, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Dalam proses uji coba instrumen, angket disebarkan kepada 15 responden. Setelah diperoleh data hasil uji coba, dilakukan uji validitas angket dan uji reliabilitas angket. Uji validitas angket dilakukan menggunakan teknik korelasi product moment, dan uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach. Metode analisis yang dipakai adalah analisis regresi linear sederhana dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, uji linearitas serta uji heteroskedastisitas. Dari hasil penelitian di MTs PAKIS Gununglurah Cilongok Banyumas yang berasal dari 17 responden, diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,815 dengan kontibusi variabel independen (pendidikan berbasis agroforestri) sebesar 66,1%. Persamaan regresi dari penelitian ini dapat dinyatakan dalam Y = 0,89 + 1,171X. Dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,815 maka hubungan antara variabel X (pendidikan berbasis agroforestri) dan Y (kecakapan hidup) dikategorikan sebagai hubungan kuat positif. Arti positif di sini adalah bahwa hubungan antara dua variabel adalah searah. Sehingga ketika terjadi perubahan positif pada variabel X, maka variabel Y juga akan mengalami perubahan positif dalam tingkatan yang sama. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat dampak pendidikan berbasis agroforestri terhadap kecakapan hidup siswa MTs PAKIS Gununglurah Cilongok Banyumas.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 12 Nov 2019 03:55
Last Modified: 12 Nov 2019 03:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6474

Actions (login required)

View Item View Item