KEBIJAKAN YAYASAN DARUN NUJABA DALAM MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SD ISLAM AL AZHAR 39 PURWOKERTO

Handayani, Rafika (2019) KEBIJAKAN YAYASAN DARUN NUJABA DALAM MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SD ISLAM AL AZHAR 39 PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I PENDAHULUAN_BAB V PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RAFIKA HANDAYANI_KEBIJAKAN YAYASAN DARUN NUJABA DALAM MANAJE.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Kebijakan yayasan merupakan kumpulan ketentuan atau aturan yang harus dijadikan acuan/pedoman, petunjuk dan pegangan dalam pengembangan dan pelaksanaan berbagai program kegiatan dalam mencapai tujuan, sasaran, serta visi dan misi Yayasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kebijakan yayasan Darun Nujaba dalam manejemen sarana dan prasarana pendidikan di SD Islam Al Azhar 39 Purwokerto. Penelitian ini menggunakan penelitian (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah pengurus yayasan Darun Nujaba dan kepala sekolah SD Islam Al Azhar 39 Purwokerto dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitan menunjukan bahwa kebijakan yayasan Darun Nujaba dalam manajemen sarana dan prasarana pendidikan yaitu pertama, tahap perumusan yang didalamnya memuat kegiatan rapat antara pengurus yayasan, pembina dan pengawas untuk membahas perencanaan yang akan diputuskan terkait pengelolaan atau pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan yang diajukan oleh sekolah. Kedua, tahap implementasi atau pelaksanaan mengenai kebijakan yayasan dalam manajemen sarana dan prasarana pendidikan yakni meliputi analisis perencanaan, pengadaan, inventaris, penggunaan, pemeliharaan, penghapusan dan pengawasan. Ketiga, tahap monitoring yang dilakukan yayasan melakukan beberapa tindakan yaitu pengecekan barang yang ada di sekolah setiap satu bulan satu kali. Dilanjutkan yayasan melakukan beberapa tindakan yaitu pengecekan barang yang ada di sekolah setiap satu bulan satu kali. Dilanjutkan pada tahap keempat, yakni tahap evaluasi kebijakan yakni yayasan mengadakan rapat dengan pengurus yayasan sebagai aktor kebijakan dan kepala sekolah serta guru sebagai implementator kebijakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Yayasan, Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 12 Nov 2019 03:29
Last Modified: 12 Nov 2019 03:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6472

Actions (login required)

View Item View Item